Pengamat Nilai Peluang Anies Maju Pilgub Jakarta Masih Terbuka lewat Dukungan PKB

Pengamat Nilai Peluang Anies Maju Pilgub Jakarta Masih Terbuka lewat Dukungan PKB

Terkini | inews | Selasa, 27 Agustus 2024 - 23:46
share

JAKARTA, iNews.id - Pengamat politik Muhammad Qodari mengatakan peluang Anies Baswedan maju di Pilgub Jakarta 2024 masih terbuka. Dia menilai dukungan bisa datang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Yang relatif belum kedengaran kalimat-kalimat yang bersifat final ini dari Cak Imin (Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar). Jadi kalau pun ada calon berikutnya, potensi calon berikutnya dan orang itu adalah Anies Baswedan, kelihatannya bisa datang dari sudut Partai Kebangkitan Bangsa," ujar Qodari dalam program Rakyat Bersuara yang tayang di iNews, Selasa (27/8/2024).

Dia melihat belum ada parpol lain yang secara gamblang mendukung Anies usai ditinggalkan PKS.

"Sampai saat ini kita belum lihat ada partai lain yang menyebut nama Anies Baswedan untuk bisa maju, paling tidak dalam waktu beberapa hari terakhir ini," katanya.

Dia pun mengajak masyarakat untuk menanti dinamika politik hingga penutupan pendaftaran calon kepala daerah pada 29 Agustus 2024 mendatang.

"Semua kemungkinan masih bisa terjadi," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal meluruskan kabar yang beredar mengenai partainya tiba-tiba mendukung kembali Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Dia menegaskan informasi yang sudah tersebar luas itu tidak benar alias hoaks.

“Hoaks,” ujar Cucun, Selasa (27/8/2024).

Kabar ini awalnya mencuat dari sebuah pesan berantai yang menyebar melalui media sosial WhatsApp. 

Pesan tersebut menyebutkan PKB secara resmi telah menyurati Anies Baswedan untuk mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta dari partai mereka. 

“Beredar info: PKB secara resmi surati Anies untuk dicalonkan sebagai gubernur DKI 2024-2029 dari partainya,” tulis pesan berantai itu.

Seperti diketahui PKB bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk mengusung Ridwan Kamil dan Suswono.

Topik Menarik