Pembinaan dan Sosialisasi, Puskesmas Kecamatan Purwakarta Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor

Pembinaan dan Sosialisasi, Puskesmas Kecamatan Purwakarta Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor

Terkini | banten.inews.id | Selasa, 27 Agustus 2024 - 20:30
share

CILEGON , iNewsBanten - Pertemuan koordinasi lokakarya mini lintas sektor di Kecamatan Purwakarta, yang dihadiri Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Cilegon atau diwakili oleh kepala bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat, Drg. Rully Kusumawardhany, MM juga turut hadir Camat Purwakarta, Kepala PKM Purwakarta, Dr. Eli beserta jajaran 6 lurah se Kecamatan Purwakarta, Wakapolsek beserta jajaran, kader Posyandu, RT/RW dan lain nya.

Dalam kesempatan ini, Drg. Rully menyampaikan pentingnya kepedulian, gotong royong, dan pemanfaatan Puskesmas beserta jaringannya oleh masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Perlunya kegiatan preventif dan promotif dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah penyakit menular maupun tidak menular supaya masyarakat sehat dan bisa menekan pembiayaan kesehatan karena kasus penyakit yang timbul, Ungkapnya.

"Adapun pencegahan bisa dimulai dengan menjaga kebersihan rumah, lingkungan sekitar juga sekolah, tempat kerja dan tempat tempat umum," ujarnya kepada awak media, Selasa (27/8/2024).

Selain itu juga diperlukan disiplin dalam menjaga makanan dan minuman, mesti selalu ada serat setiap kali makan bisa didapat dari sayuran maupun buah-buahan, cukup protein juga karbohidrat.

"Masyarakat harus berupaya untuk mencegah generasi stunting dimulai dari dalam kandungan sampai usia 2 tahun atau 1000 hari kehidupan yang penting dan bermakna," jelasnya.

Lebih lanjut, menjaga kesehatan sejak calon ibu, ibu hamil, melahirkan, menyusui hingga anak berusia 2 tahun harus dipenuhi oleh makanan bergizi seimbang, melengkapi imunisasi anak dan selalu berperilaku hidup bersih juga sehat. Drg. Rully juga mengajak kepada seluruh undangan untuk selalu berkoordinasi erat, bahu-membahu dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan di lingkungannya masing masing.

"Hal ini semata-mata demi mencegah timbulnya penyakit dan mempertahankan kondisi kesehatan masyarakat yang sudah baik," Pungkasnya.

Topik Menarik