Syarat dan Biaya Haji Dakhili

Syarat dan Biaya Haji Dakhili

Terkini | okezone | Selasa, 27 Agustus 2024 - 16:27
share

SYARAT dan biaya haji dakhili dibahas dalam artikel berikut ini. Haji dakhili adalah program haji yang diselenggarakan oleh Pemerintah Arab Saudi untuk warga negara dan penduduk tetap yang tinggal di dalam negeri Arab Saudi.

Program haji dakhili ini memungkinkan mereka yang tinggal di Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji tanpa harus menunggu antrean panjang seperti program haji reguler Indonesia. 

Berikut adalah syarat dan rincian biaya haji dakhili, sebagaimana telah Okezone himpun:

Syarat Haji Dakhili

1. Usia

Calon jamaah harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 59 tahun. Jika calon jamaah haji berusia lebih dari 59 tahun maka akan ada syarat dan ketentuan khusus yang akan berlaku tergantung biro haji yang jamaah gunakan. 

2. Iqamah

Calon jamaah harus memiliki iqamah (surat izin menetap) di Arab Saudi yang masih berlaku dan belum pernah digunakan berhaji dalam 5 tahun terakhir. Jika tidak memiliki ini, biasanya biro haji akan membuatkan dan mengurus surat ini untuk calon jamaah yang sudah termasuk dalam paket program haji dakhili yang dipilih. 

3. Kesehatan

Calon jamaah harus dalam kondisi yang sehat dan mampu melaksanakan ibadah haji dengan lancar. Sebelumnya calon jamaah harus mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kesiapan jamaah dalam berhaji.

4. Membeli mashaer haji secara daring

Calon jamaah harus membeli mashaer haji secara daring di situs resmi Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi atau melalui aplikasi Nusuk. 

Topik Menarik