Apakah Warga Israel Bisa Naik Haji?

Apakah Warga Israel Bisa Naik Haji?

Terkini | okezone | Selasa, 27 Agustus 2024 - 14:06
share

APAKAH warga Israel bisa naik haji? Ibadah haji adalah salah satu ibadah dari lima Rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang mampu, baik secara fisik maupun finansial. 

Kewajiban naik haji ini berlaku bagi seluruh Muslim di dunia. Lantas, bagaimana dengan warga Israel yang memeluk agama Islam, apakah bisa naik haji? Berikut ini pembahasannya, sebagaimana telah Okezone himpun: 

Persyaratan Haji

1. Beragama Islam

Syarat yang paling utama adalah ibadah haji hanya boleh dilakukan bagi Muslim. Jika ada seseorang yang memiliki agama lain selain Islam, maka dilarang memasuki Tanah Suci, dan mustahil melakukan ibadah haji. 

2. Baligh dan berakal

Seseorang harus sudah dewasa dan memiliki akal sehat. Jika anak yang belum baligh mengikuti ibadah haji, maka hajinya tetap dianggap sah, namun tidak menggugurkan kewajibannya berhaji. 

3. Mampu

Mampu dari segi finansial maupun fisik. Seorang Muslim yang belum memiliki finansial yang cukup atau kondisi fisik yang tidak memungkinkan untuk berhaji, maka tidak diwajibkan atasnya berhaji.

4. Memiliki visa haji

Visa haji dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Jika kedapatan berhaji menggunakan visa selain visa haji resmi, maka hajinya dianggap cacat dan berdosa karena melanggar peraturan yang dikeluarkan Arab Saudi. 

Topik Menarik