Menkes Minta Masyarakat Tak Usah Khawatir, Obat dan Vaksin Mpox Tersedia

Menkes Minta Masyarakat Tak Usah Khawatir, Obat dan Vaksin Mpox Tersedia

Terkini | inews | Selasa, 27 Agustus 2024 - 13:31
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan obat virus cacar monyet atau Mpox sudah tersedia. Budi juga memastikan stok vaksin Mpox juga sudah ada.

"Bahwa ini obatnya sudah ada, buatan Amerika ada, buatan India ada, Indonesia juga sudah miliki obatnya. Yang ketiga, vaksinnya juga sudah ada," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Menurut Budi, masyarakat yang lahir di bawah tahun 1970 sudah pernah divaksin sehingga kebal terhadap Mpox. Sementara generasi muda harus divaksin agar tidak tertular virus tersebut.

"Jadi yang relatif usianya tua kaya saya itu terproteksi. Nah untuk yang muda-muda, vaksinnya generasi yang barunya sudah ada, satu diproduksi dari Denmark, satu diproduksi dari Jepang," katanya.

Budi pun meminta masyarakat untuk tidak khawatir secara berlebihan. Sebab, dirinya memastikan bahwa obat sudah tersedia di seluruh rumah sakit di Indonesia.

"Obat-obatan rumah sakit sudah kita persiapkan. Kita waspada, tapi tidak usah khawatir berlebihan," kata Budi.

Budi menjelaskan penularan Mpox seperti HIV dan Aids harus ada kontak fisik. Dia juga menyebut bahwa mewabahnya Mpox di Afrika karena anak atau orang dewasa berbagai baju ataupun handuk dengan tempat tidur yang sama.

"Di Afrika itu mereka sharing baju, sharing anduk, sharing selimut tidur di tempat tidur yang sama. Jadi kalau orang tuanya kena, anak-anak di Afrika itu jadi tertular karena kan cairannya juga akhirnya kena ke anaknya. Itu sebabnya kenapa di Afrika banyak anak-anak," katanya.

Topik Menarik