Jadi Worldwide Olympic Partner, Toyota Terapkan Multi Pathway Strategy di Indonesia

Jadi Worldwide Olympic Partner, Toyota Terapkan Multi Pathway Strategy di Indonesia

Terkini | okezone | Selasa, 27 Agustus 2024 - 10:39
share

JAKARTA - Toyota sebagai Worldwide Olympic Partner, berkomitmen untuk menekan emisi karbon yang menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Dalam olimpiade Paris 2024, Toyotaberkolaborasi bersama Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Komite Paralimpiade Internasional (IPC), serta Komite Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024.

Berupaya menekan emisi karbon, Toyota mewujudkanya dengan menerapkan Toyota Multi Pathway Strategy. Lewat konsep tersebut, Toyota menghadirkan 3.374 sustainable mobility solution , dengan menyediakan pilihan kendaraan elektrifikasi ramah lingkungan, mulai dari Hybrid EV, Plug In Hybrid EV, Battery EV, dan Fuel Cell EV.

Multi Pathway Strategy Toyota di Indonesia

Sejalan dengan komitmen Toyota di Paris Olympic dan Paralympic yang mendukung mobilitas tanpa batas, Toyota Indonesia melalui Multi Pathway Strategy memberikan opsi mobilitas beragam dengan menghadirkan berbagai jenis teknologi elektrifikasi HEV, BEV, PHEV dan FCEV.

Sejak 2009, PT TAM telah meluncurkan lebih dari 27 model kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota dan Lexus, baik itu Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV. Pada 2023, pasar xEV Indonesia menembus angka 71.500 unit secara Wholesales, di mana Hybrid EV menguasai 76 persen, sedangkan Battery EV menyumbang 24 persen.

Untuk saat ini penjualan xEV Toyota mendapat respons yang sangat positif. Tercatat, pada semester pertama 2024, Toyota masih memimpin perolehan penjualan kendaraan elektrifikasi sebanyak 19.158 unit secara Whole Sales dan menguasai lebih dari 45 persen pangsa pasar elektrifikasi nasional, dengan model HEV sebagai kontributor terbesar.

Untuk melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi, pada event GIIAS 2024, Toyota menambah pilihan Hybrid EV lewat All New Prius HEV.

Lebih dari itu, All New Kijang Innova Zenix HEV juga kembali menjadi lokomotif penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV) di pameran bertaraf internasional ini dengan raihan SPK menembus 1.305 unit dengan komposisi penjualan 75 persen dibanding versi gasoline.

1. Sediakan Kendaraan Resmi untuk Acara Kenegaraan

Dalam upaya mendukung program Net Zero Emission 2060 di Indonesia, Toyota turut menyediakan BEV bZ4X sebagai kendaraan resmi di acara kenegaraan bertaraf internasional. Partisipasi dimulai dengan menjadi kendaraan resmi partisipan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Selanjutnya, bZ4X digunakan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung dua kali. Seri 1 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 911 Mei 2023, dan Seri 2 di Jakarta pada 57 September 2023.

Battery EV ini mendukung mobilitas delegasi dari berbagai negara peserta KTT Archipelago and Island States (AIS) Forum di Kawasan Nusa Dua Bali, 10-11 Oktober 2023.

Kepercayaan Pemerintah Indonesia kepada Toyota merupakan sebuah kebanggaan karena dapat berpartisipasi aktif di berbagai event negara. Pemilihan Toyota bZ4X merupakan bagian dari strategi dan refleksi pengalaman Toyota untuk menghadirkan pengalaman mobilitas terbaik tanpa polusi udara bagi para delegasi tamu negara.

2. EV Smart Mobility xEV Ecosystem Lewat EV Smart Mobility

Selain menghadirkan kendaraan elektrifikasi, tentu dibutuhkan edukasi kendaraan ramah lingkungan serta memberikan pengalaman mengemudi kendaraan listrik bersama ekosistemnya.

Melalui EV Smart Mobility, Toyota menyediakan ekosistem elektrifikasi yang terintegrasi untuk memberikan pengalaman baru bermobilitas dengan menggunakan xEV Toyota di kawasan Danau Toba Sumatera Utara.

Dalam project ini, disediakan Toyota C+Pod untuk jenis BEV, bersama Toyota Prius PHEV. Sebagai infrastruktur pendukung juga telah dibangun stockyard, charging station , dan 2 sub station.

Semuanya terintegrasi untuk mendukung mobilitas wisatawan maupun masyarakat ke rute-rute sekitar sembari menikmati pemandangan indah yang ditawarkan.

3. Dukungan Pariwisata Hijau dan Kendaraan untuk Disabilitas

Untuk mendukung pariwisata hijau, Toyota Indonesia juga bekerja sama dengan The Stones Hotel Bali dengan menyediakan shuttle car bebas emisi untuk kebutuhan transportasi tamu dari dan ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Toyota Kijang Innova BEV dipakai untuk memberikan kenyamanan kepada tamu hotel sekaligus riset aplikasi BEV yang diproduksi secara lokal di Indonesia.

Toyota Voxy dengan desain wheelcab khusus, dipercaya untuk digunakan sebagai armada taksi untuk layanan difabel di wilayah Jakarta dan Bali. Sebelumnya, Toyota Indonesia pernah menyerahkan dua unit Sienta Welcab ke salah satu Rumah Sakit di Surakarta, Jawa Tengah.

4. Hadirkan Charging Station untuk BEV dan PHEV Toyota

Keberadaan fasilitas charging spot Toyota yang semakin lengkap dan terhubung di berbagai lokasi pilihan yang strategis di 116 titik lokasi per Agustus 2024, bertujuan agar masyarakat pengguna BEV dan PHEV Toyota dapat berkendara dengan nyaman, aman dan tanpa khawatir daya baterai habis di jalan.

Charging spot di outlet resmi Toyota sudah terdapat di 112 titik di berbagai wilayah dengan perincian 16 titik di Pulau Sumatera, 86 titik di Pulau Jawa, 1 titik di Pulau Kalimantan, 7 titik di Pulau Sulawesi, dan 2 titik di Pulau Bali dan Nusa Tenggara.

Jumlah tersebut sudah mencakup 32 persen dari total 352 dealer resmi Toyota di seluruh Indonesia. Ditambah, fasilitas UFC di 2 mal besar di Jakarta yang semuanya bisa diakses secara gratis.

Tak hanya itu, Toyota juga mengoperasikan UFC di Rest Area KM 456A Salatiga-Surabaya berkolaborasi dengan PLN dan Rest Area KM 695A Jombang-Surabaya Jalan Tol Trans Jawa untuk menambah daya jelajah berkendara BEV dan PHEV lebih jauh lagi.

Topik Menarik