Gempa Gunungkidul M5,8 Tidak Berpengaruh pada Aktivitas Vulkanis Gunung Merapi

Gempa Gunungkidul M5,8 Tidak Berpengaruh pada Aktivitas Vulkanis Gunung Merapi

Terkini | inews | Selasa, 27 Agustus 2024 - 08:23
share

JAKARTA, iNews.id -Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,8 yang mengguncang Kabupaten Gunungkidul tidak berpengaruh pada aktivitas vulkanis Gunung Merapi. Gempa ini tercatat menyebabkan kerusukan ringan bangunan rumah hingga pasar di sejumlah wilayah di Provinsi DI Yogyakarta.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, guncangan gempa bumi tektonik ini terekam seismogram Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

"BPPTKG memastikan gempa tidak memengaruhi aktivitas vulkanis Gunung Merapi," ujar Abdul Muhari, Selasa (27/8/2024).

Dia meminta masyarakat tidak panik namun tetap waspada. Selain itu, masyarakat juga dihimbau agar tidak terpancing dengan isu-isu yang belum dapat diverifikasi kebenarannya.

"Masyarakat kami minta untuk memperbarui informasi kebencanaan hanya melalui sumber dari instansi maupun lembaga terkait," katanya.

Sebagai antisipasi gempa bumi susulan, masyarakat dapat membuat alat peringatan dini sederhana dengan menyusun secara vertikal kaleng-kaleng bekas yang diisi batu-batu kecil. Susunan vertikal kaleng bekas ini akan jatuh dan membuat bunyi berisik jika terjadi gempa sebagai penanda bagi masyarakat.

"Sebab gempa bukan menjadi penyebab jatuhnya korban jiwa, namun runtuhnya bangunan yang tidak kuat menahan guncangan menjadi ancaman jika terjadi gempa magnitudo besar atau berada pada jalur sesar aktif," ucapnya.

Sebelumnya, gempa bumi mengguncang Kabupaten Gunungkidul, DIY, Senin (26/8/2024). Pusat gempa berada pada titik koordinat 8.78 LS dan 110.27 BT di kedalaman 30 kilometer.

Hasil pendataan di lapangan, guncangan gempa dirasakan dengan intensitas sedang hingga kuat selama 2-5 detik di beberapa wilayah meliputi Gunungkidul, Kulonprogo, Bantul, Sleman, Klaten, Purworejo, Kebumen, Cilacap dan Pacitan. Sampai saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa akibat gempa ini.

Topik Menarik