Kukuhkan FKUB, Pj Bupati Minta Jaga Kerukunan Sekaligus Kebersamaan

Kukuhkan FKUB, Pj Bupati Minta Jaga Kerukunan Sekaligus Kebersamaan

Terkini | purwokerto.inews.id | Selasa, 27 Agustus 2024 - 08:00
share

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, secara resmi mengukuhkan 17 anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banyumas untuk masa bakti 2024-2029 pada Senin (26/8/2024) di Pendopo Si Panji Purwokerto.

Ketua Terpilih FKUB, Prof Dr KH Muhammad Roqib MAg menyampaikan bahwa pengukuhan ini adalah yang pertama kali dilakukan sejak forum ini berdiri pada tahun 1996.

"Jadi dulu hanya diberikan SK dan langsung bekerja. Sekarang, resmi dikukuhkan," ujarnya.

Ia berharap dengan pengukuhan resmi ini, anggota FKUB dapat bekerja dengan lebih baik dan efektif.

"Banyumas bisa menjadi Kabupaten yang aman, damai, sejahtera, bahagia, dan didukung oleh semua pihak," tambahnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, menyatakan bahwa pelantikan ini merupakan salah satu momentum penting, khususnya dalam upaya memperkuat harmoni dan kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Banyumas.

"Sebagai forum yang menaungi para tokoh agama dari berbagai kepercayaan, FKUB memiliki peran yang sangat strategis dalam menjaga keharmonisan sosial, mencegah konflik, dan mempromosikan dialog antarumat beragama," ucapnya.

Terkait masalah sosial di Kabupaten Banyumas, seperti kemiskinan, Hanung juga berpesan kepada para pengurus FKUB untuk memberikan perhatian dan bantuan kepada masyarakat di lingkungan sekitar tanpa membedakan suku, agama, atau ras.

"Nderek titip. Mari kita bergandengan tangan bersama dan saling bersinergi. Bukan hanya soal kerukunan, tetapi juga tentang kebersamaan," ujarnya.

Topik Menarik