Ini Kode Lampu Sein yang Perlu untuk Dipahami Saat Berkendara

Ini Kode Lampu Sein yang Perlu untuk Dipahami Saat Berkendara

Terkini | okezone | Minggu, 25 Agustus 2024 - 16:31
share

JAKARTA Para pengendara mobil atau motor perlu berhati-hati saat berada di belakang kendaraan besar, seperti bus dan truk di jalanan. Pasalnya, kelengahan atau tidak berhati-hati saat ingin menyalip kendaraan besar bisa berkibat fatal.

Saat berkendara di belakang truk atau bus, pandangan pengemudi akan terhalang sepenuhnya. Terlebih saat berada di jalan sempit dan menanjak yang membuat pengendara terkadang tidak sabar untuk segera menyalip truk.

Tapi, untuk menyalip truk tidak bisa sembarangan dan membutuhkan perhitungan matang agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Oleh sebab itu, pengendara harus mengenali kode yang diberikan oleh sopir truk yang bisa membuat berkendara lebih aman.

Kecelakaan akibat tidak memahami kode lampu sein baru-baru ini dialami oleh sopir truk. Beruntung, masih bisa menghindari sehingga hanya terjadi senggolan pada bodi samping sehingga tidak menyebabkan luka pada kedua pengmudi kendaraan.

Untuk itu, pahami kode lampu sein seperti dibagikan oleh akun Instagram @lpk_risqi_education, yang menunjukkan kode-kode dari sopir truk. Itu dilakukan untuk memberikan informasi kepada pengendara di belakangnya atas apa yang ada di depan truk tersebut.

Kode tersebut diberikan melalui lampu sein yang biasanya dilakukan oleh sopir truk yang sudah berpengalaman. Jika pengendara motor atau mobil memahami kode tersebut, maka bisa dipastikan akan aman selama berada di belakang truk.

Dalam video tersebut, sang pengunggah menuliskan keterangan, Terima kasih lampu sign-mu ketua. Itu menandakan bahwa ia sangat terbantu dengan sinyal yang diberikan oleh sopir truk tersebut.

Sang pengunggah juga menyertakan keterangan yang menjelaskan arti dari kode lampu sein dari sopir truk. Ini menjadi informasi yang sangat bagus bagi pengendara lain agar memahami sinyal tersebut saat berada di belakang kendaraan besar lainnya.

  1. Sign Double/Hazard: Jaga jarak, depan ada sesuatu
  2. Sign Kanan: Jangan nyalip, depan kanan belum aman
  3. Sign Kiri: Hati-hati silakan nyalip

Terlihat dalam video, ketika sopir truk menghidupkan lampu hazard, terlihat ada banyak kendaraan di depan truk yang berjalan lambat. Ini membuat kondisi untuk menyalip menjadi tidak aman.

Kemudian saat lampu sein kanan dihidupkan, kendaraan dari arah berlawanan melaju dalam kecepatan tinggi. Sehingga pengemudi di belakang harus sabar menunggu untuk menyalip truk sampai kondisi aman.

Lalu saat lampu sein kiri dihidupkan, tandanya jalan di depan maupun dari arah berlawanan sudah aman. Ini membuat pengemudi dapat memacu kendaraannya di sisi kanan untuk menyalip truk tersebut.

Sebagai tanda terima kasih, pengemudi mobil juga bisa membunyikan klakson sebanyak dua kali atau menyalakan lampu hazard hingga berkedip dua kali. Ini merupakan budaya yang kerap dilakukan untuk menghormati sesama pengguna jalan.

Topik Menarik