Basuki: Program 3 Juta Rumah Prabowo Butuh Rp60 Triliun

Basuki: Program 3 Juta Rumah Prabowo Butuh Rp60 Triliun

Terkini | okezone | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 17:08
share

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan untuk merealisasikan program presiden terpilih Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka membangun 3 juta rumah.

Maka itu diperlukan subsidi yang lebih besar dari anggaran Jokowi agar terserap optimal bagi masyarakat.

Basuki menggambarkan, pada program satu rumah yang pada Pemerintahan Presiden Joko Widodo sejak tahun 2015 lalu, pemerintah setidaknya mengalokasikan sekitar Rp20 triliun untuk program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Hingga tahun 2023 lalu, program tersebut sudah terealisasi sekitar 9,2 juta rumah.

"Sekarang itu kan (anggaran subsidi rumah) sekitar Rp20 triliun untuk 220 ribu unit, jadi ya sekitar 2 kali lipatnya (Rp60 triliun) yang sekarang untuk mencapai program 3 juta rumah," ujar Basuki saat ditemui di Kantornya, Jumat (23/8/2024).

Menurutnya, pemberian insentif untuk pengembang, maupun subsidi untuk masyarakat akan berdampak pada percepatan penyerapan hunian. Hal ini untuk menjawab tantangan baik dari sisi demand terkait masalah daya beli, maupun tantangan dari sisi supply terkait kenaikan harga material.

Topik Menarik