Forum Pembela Pemalsuan Identitas Pribadi Demo di Bawaslu, Protes Penyalahgunaan KTP Tanpa Izin

Forum Pembela Pemalsuan Identitas Pribadi Demo di Bawaslu, Protes Penyalahgunaan KTP Tanpa Izin

Terkini | jayapura.inews.id | Kamis, 22 Agustus 2024 - 16:20
share

JAYAWIJAYA, iNewsJayapura.id – Sejumlah masa yang tergabung dalam Forum Pembela Pemalsuan Identitas Pribadi (FPIP) Kabupaten Jayawijaya menggelar aksi unjuk rasa di halaman Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jayawijaya dan Provinsi Papua Pegunungan, Kamis (22/08/2024).

Massa FPIP menuntut penyelidikan dan penindakan terhadap praktik penyalahgunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) tanpa sepengetahuan pemiliknya, yang diduga dilakukan oleh beberapa pihak secara ilegal.

Menurut Ketua FPIP Hersen Wetapo, aksi ini dilakukan atas dasar laporan masyarakat yang mendapati identitasnya berupa kTP diambil tanpa izin oleh Liaison Officer (LO) paslon perseorangan untuk memberi dukungan kepada paslon itu.

“Pengambilan KTP tanpa izin adalah pelanggaran hak asasi dan melanggar undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE),” ujar Hersen dalam aksi tersebut. 

Ia meminta meminta kepada Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jayawijaya dan Bawaslu Provini Papua serta Kepolisian untuk dapat menindaklanjuti aduan tersebut karena hal demikian merupakan perampasan hak demokrasi bagi Masyarakat.

“Proses ini kita akan bawa ke ranah perdata maupun pidana sehingga kami akan laporkan juga di pihak kepolisian untuk meyelidiki pihak-pihak yang terlibat pemalsuan dan pencurian data ini,” tandasnya.

Sementara itu pihak Bawaslu Kabupaten Jayawijaya dan Provinsi Papua Pegunungan menerima aduan tersebut melalui staf. Dalam penyempaian staf Bawaslu Provinsi Papua Pegunungan akan menyampaikan aduan tersebut ke pimpinan untuk dapat ditindaklanjuti.

Topik Menarik