8 Rekomendasi Wisata Kuliner di Samarinda, Salah Satu Kota Penyangga IKN

8 Rekomendasi Wisata Kuliner di Samarinda, Salah Satu Kota Penyangga IKN

Terkini | okezone | Rabu, 21 Agustus 2024 - 11:22
share

SEBANYAK 8 rekomendasi wisata kuliner di Samarinda menarik untuk dikulik. Tak hanya destinasi wisatanya yang menarik, Kota Samarinda di Kalimantan Timur juga menawarkan beragam kuliner yang lezat.

Samarinda merupakan salah satu kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) selain Penajam Paser Utara, Balikpapan dan Kutai Kartanegara. Berikut 8 rekomendasi wisata kuliner di Samarinda seperti dihimpun dari berbagai sumber.

8 rekomendasi wisata kuliner di Samarinda

1. Soto Banjar Amado
Olahan daging satu ini akan membuat lidah Anda terus bergoyang. Tidak hanya kuahnya yang gurih dan segar, namun juga daging ayam yang lembut membuat soto ini menjadi lebih nikmat.

Rumah makan ini tidak hanya menyediakan soto saja, namun juga ada sate dan ayam goreng. Tidak ketinggalan es kopyor yang ada gula arennya, sangat lezat dan nikmat. Alamat: Jalan Pangeran Diponegoro No.43, Pelabuhan, Kota Samarinda.

2. Depot Anggrek
Depot Anggrek punya menu andalan berupa sup buntut. Sup buntut di sini sangat lezat dan gurih. Kuahnya yang bening membuat orang suka melihat, dan ketika sendok masuk ke mulut ada rasa kental yang tidak begitu eneg.

Alamat: Jalan Yos Sudarso, Karang Mumus, Samarinda Ilir, Kota Samarinda.

3. Kedai Sabindo
Rumah makan ini memiliki nama asli Sabah Indonesia, hanya saja penduduk sekitar lebih mudah menyebut dengan kedai Sabindo.

Kedai ini menyedia menu ala Malaysia, yakni ada nasi goreng pattaya, roti canai dan roti tisu. Aneka menu tersebut sangat cocok dengan lidah Samarinda. Jadi tidak heran jika kedai ini sangat terkenal. Alamat: Jalan Letnan Jend. Suprapto No. 5D, Sidodadi, Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

4. Rumah Makan Acil Inun
Menu yang paling populer di rumah makan ini ialah nasi beekepor. Olahan yang satu ini terbuat dari nasi putih yang dicampur dengan ikan asin dan aneka rempah pilihan.

Tidak heran jika rasa dan aromanya sangat menggoda. Alamat: Jalan Sungai Kalian, Pelabuhan, Kota Samarinda.

5. Gado-Gado Kemuning
Konon katanya, bumbu kacang ini terbuat dari sisa kacang mede sehingga rasanya sangat enak dan lezat. Ada juga yang cerita bahwa ada campuran kacang mede dan kacang tanah berkualitas sehingga rasanya bisa lezat dan bikin nagih.

Alamat: Jalan Jamrud, Pasar Pagi, Kecamatan Samarinda Kota, Kota Samarinda.

6. Rumah Makan Buaya
Sesuai dengan namanya, rumah makan ini menyajikan aneka olahan dari daging buaya. Jika Anda merasa tertantang dengan kuliner ekstrem yang satu ini silakan saja coba datang dan pilih aneka menu yang ada.

Banyak orang yang suka dengan daging buaya ini karena rasanya yang kenyal dan penuh. Daging buaya mirip dengan daging sapi, hanya saja tekstur dan bentuknya agak berbeda. Tempat makan ini buka mulai pukul 17.00 - 23.00 Wita. Alamat: Jalan Dirgantara, Pelita, Samarinda Utara, Kota Samarinda.

7. Raja Kepala Ikan
Salah satu rumah makan yang cukup terkenal yakni adanya raja kepala ikan. Rumah makan ini menyajikan beragam kepala ikan dengan bumbu dan rempah khusus sehingga cocok untuk semua lidah.

Baik itu lidah penduduk lokal maupun lidah pendatang. Olahan yang memiliki rasa khas masakan Indonesia ini mampu menghipnotis semua penikmat sehingga akan terus datang jika ke Samarinda.

Rumah makan ini buka pukul 08.00-23.00 Wita. Sedangkan alamatnya berada Jalan Awang Long, Bugis, Kota Samarinda.

Topik Menarik