8 Taktik Lindungi Kontak Pribadi dari Jangkauan Pinjol

8 Taktik Lindungi Kontak Pribadi dari Jangkauan Pinjol

Terkini | okezone | Rabu, 21 Agustus 2024 - 07:15
share

JAKARTA - Maraknya penawaran pinjaman online (pinjol) yang sering kali melibatkan teknik pemasaran agresif, penting bagi pengguna smartphone untuk melindungi informasi pribadi mereka, terutama kontak di ponsel.

Berikut adalah delapan taktik yang dapat digunakan untuk menjaga agar data kontak Anda tetap aman dari jangkauan pinjol, Selasa 20 Agustus 2024.

Pinjol dapat mengakses kontak di smartphone Anda sembarangan, Nah, jika anda khawatir kontak anda disalahgunakan oleh aplikasi pinjaman online (Pinjol) berikut ini adalah 8 Taktik Lindungi Kontak Di Smartphone Agar Aman dari Jangkauan Pinjol, yang bisa anda lakukan untuk lindungi data kontak anda, Selasa (20/8/2024).

1. Jangan Berikan Izin Akses Kontak

Saat Instalasi: Saat mengunduh dan menginstal aplikasi pinjol, baca dengan seksama izin yang diminta oleh aplikasi tersebut. Hindari aplikasi yang meminta akses ke kontak, lokasi, atau data pribadi lainnya yang tidak relevan dengan fungsinya.

Setelah Instalasi: Buka pengaturan aplikasi di ponsel Anda, cari aplikasi pinjol tersebut, lalu nonaktifkan izin akses kontak.

2. Gunakan Nomor Kontak Darurat Alternatif:

Saat mendaftar pinjol, gunakan nomor kontak darurat yang tidak aktif atau nomor yang tidak terlalu penting.

3. Pilih Aplikasi Pinjol yang Terpercaya

Reputasi: Pastikan aplikasi pinjol yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Review Pengguna: Baca ulasan dari pengguna lain di platform aplikasi seperti Google Play Store atau Apple App Store untuk mengetahui pengalaman mereka.

4. Periksa Ulang Izin Aplikasi Secara Berkala

Lakukan pengecekan rutin untuk memastikan tidak ada aplikasi yang secara diam-diam mengakses kontak Anda.

5. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi:

Pembaruan sistem operasi dan aplikasi seringkali membawa perbaikan keamanan, termasuk perlindungan data pribadi.

Topik Menarik