Kisah Kompol Syarif Asisten Ajudan Jokowi, Diam-diam Daftar Akpol usai Gagal Akmil

Kisah Kompol Syarif Asisten Ajudan Jokowi, Diam-diam Daftar Akpol usai Gagal Akmil

Terkini | inews | Rabu, 21 Agustus 2024 - 07:14
share

JAKARTA, iNews.id - Wajah Kompol Syarif Muhammad Fitriansyah sering terlihat di berbagai kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Misalnya saat pidato kenegaraan Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR, dia tampak berdiri di belakang sang kepala negara.

Kompol Syarif merupakan asisten ajudan Presiden Jokowi. Dia telah bertugas bersama orang nomor satu di Indonesia itu selama sekitar delapan tahun.

Banyak yang tidak menyangka Kompol Syarif ternyata pernah mendaftar Akademi Militer (Akmil). Setelah gagal Akmil, dia diam-diam mendaftar Akademi Kepolisian (Akpol) hingga akhirnya berjodoh dengan Korps Bhayangkara.

Selepas lulus SMA Taruna, Syarif mencoba mendaftar di beberapa universitas. Dia juga mendaftar TNI melalui jalur Akademi Militer tetapi gagal pada tes kesehatan.

Kemudian saat mendaftar di TNI AL, Kompol Syarif juga kembali gagal pada tes psikotes. Tidak patah semangat, Syarif kembali mendaftar di Akmil tetapi gagal lagi.

"Kita masih muda ya, kita punya visi, patutnya kita tidak patah semangat," kata Syarif, dikutip dari podcast SDM Polri Today, Rabu (21/8/2024).

Presiden Jokowi mengalokasikan anggaran pendidikan pada APBN 2025 mencapai Rp722,6 triliun. (Foto: Tangkapan Layar)
Presiden Jokowi mengalokasikan anggaran pendidikan pada APBN 2025 mencapai Rp722,6 triliun. (Foto: Tangkapan Layar)

Kesempatan lain datang saat ada pendaftaran Akpol. Syarif lalu mendaftar diam-diam karena ibunya merupakan prajurit TNI Angkatan Darat.

"Waktu itu saya nggak bilang sama ibu saya, karena ibu saya Kowad (Korps Wanita AD), saya agak khawatir ibu saya kaget kan, karena saya daftar polisi," ujar Syarif.

Syarif akhirnya lolos masuk Akpol. Ketika Syarif berhasil melalui tes, dia menelepon ibunya tetapi tidak memberi tahu dirinya mendaftar Akpol.

"Saya cuma bilang minta doa restu, saya daftar saya bilang anggota," kata Syarif.

Topik Menarik