Di Balik Kisah Pengerahan Kapal Induk Abraham Lincoln ke Timur Tengah

Di Balik Kisah Pengerahan Kapal Induk Abraham Lincoln ke Timur Tengah

Terkini | sindonews | Minggu, 18 Agustus 2024 - 05:15
share

Genderang perang regional kembali bergema di Timur Tengah.

Dalam sebuah langkah yang menandakan gawatnya situasi, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin minggu ini memberi tahu Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant tentang percepatan pengerahan Kapal Induk Abraham Lincoln ke wilayah tersebut bersama kapal selam USS Georgia.

Pada hari Selasa, pemerintahan Biden menyetujui penjualan senjata senilai USD20 miliar ke Israel.

Eskalasi ini terjadi untuk mengantisipasi kemungkinan pembalasan Iran atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh oleh Israel baru-baru ini di Teheran.

"Namun Iran mungkin tidak bertindak sendiri," tulis Direktur Eksekutif Institute for Palestine Studies (IPS-USA) di Washington, DC, Jehad Abusalim, dalam artikelnya berjudul "How US policy in the Middle East is unravelling" yang dilansir Middle East Eye atau MEE, Sabtu 17 Agustus 2024.

Baca juga: Waswas Iran Serang Israel, AS Siagakan Kapal Induk, 11 Kapal Perang, dan 4.000 Tentara

Menurutnya, serangan balasan terkoordinasi oleh Iran dan sekutunya, khususnya Hizbullah, juga sebagai pembalasan atas pembunuhan Fuad Shukr, seorang komandan militer tinggi Hizbullah, tampaknya semakin mungkin terjadi.

Apakah gelombang eskalasi ini akan terbatas atau berubah menjadi perang regional masih belum pasti. "Yang jelas konsekuensinya bisa sangat besar, tidak hanya bagi Timur Tengah tetapi juga bagi dunia," ujar Jehad Abusalim.

Saat kita berada di ambang titik balik yang dapat menjadi penentu dalam sejarah kawasan ini, penting untuk bertanya bagaimana kita bisa sampai di sini.

Strategi yang Cacat

Jehad Abusalim mencatat selama 10 hingga 15 tahun terakhir, telah terjadi banyak perdebatan dalam lingkaran kebijakan di Washington dan sekitarnya tentang pergeseran yang dirasakan dalam pendekatan AS terhadap Timur Tengah.

Banyak yang mempertanyakan apakah AS menjauh dari kawasan tersebut. Namun sebenarnya, AS tidak pernah goyah dalam minatnya di Timur Tengah, wilayah yang kaya akan sumber daya dan secara strategis penting karena signifikansi geopolitiknya, terutama dalam konteks ketegangan yang melibatkan Rusia, Tiongkok, dan Iran.

Apa yang telah terjadi, terutama selama pemerintahan Trump dan berlanjut di bawah Biden, bukanlah perubahan arah, melainkan kalibrasi ulang.

Baca juga: Iran-Israel di Ambang Perang, Ini Lokasi Kapal Induk dan Kapal Perang AS Pembela Zionis

Dihadapkan dengan kebutuhan untuk fokus pada Asia-Pasifik dan perang di Ukraina, AS telah berupaya menciptakan aliansi regional yang setia pada kepentingannya.

Aliansi ini, yang bergantung pada AS dalam persenjataan dan teknologi, dirancang untuk mempertahankan status quo dengan cara yang melayani kepentingan Amerika.

Abraham Accords, jauh dari sekadar perjanjian damai, sebenarnya merupakan aliansi militer, pengawasan, dan keamanan antara Israel, UEA, Bahrain, dan negara-negara lain, yang diatur untuk menjaga kawasan tersebut di bawah hegemoni AS.

"Namun, strategi ini pada dasarnya cacat," ujar Jehad Abusalim.

Menurutnya, pembentukan aliansi ini sengaja mengecualikan Palestina dan mengabaikan fakta bahwa perdamaian dan stabilitas sejati di kawasan tersebut hanya dapat dicapai melalui penanganan penderitaan mereka.

Sebaliknya, Israel melihat Abraham Accords sebagai peluang untuk menghindari masalah Palestina sepenuhnya, menggunakan suasana dan pengaturan regional yang baru ditemukan untuk mengintensifkan kebijakan agresifnya, khususnya di Tepi Barat, pada bulan-bulan menjelang 7 Oktober.

Pemerintahan Biden tidak meninggalkan pendekatan mantan Presiden Donald Trump. Sebaliknya, mereka justru memperkuat pendekatan mereka, mendorong normalisasi hubungan antara Israel dan Arab Saudi tanpa mengatasi masalah yang mendasarinya.

Baca juga: Daftar Senjata AS Pembela Israel: Kapal Induk, Jet Siluman F-22, hingga Rudal Tomahawk

Tujuannya jelas: membentuk aliansi yang tidak akan menggantikan AS di kawasan tersebut, tetapi melengkapi upayanya, yang memungkinkan Washington untuk memfokuskan energinya pada Asia dan Eropa.

Namun, kata Jehad Abusalim, pengaturan ini runtuh pada tanggal 7 Oktober karena mitos keunggulan militer dan intelijen Israel hancur hanya dalam beberapa jam ketika Hamas melakukan Operasi Badai Al-Aqsa.

Selama beberapa dekade, Israel telah dipasarkan sebagai kekuatan militer yang tangguh dan tak terkalahkan, mitra utama dalam memastikan dominasi Amerika di Timur Tengah.

Namun sekarang, setelah 10 bulan genosida brutal dan pertempuran sengit di Gaza, Israel mendapati dirinya terperosok dalam rawa, tidak mampu mengamankan kemenangan yang menentukan melawan Hamas dan faksi Palestina lainnya.

Militer Israel yang sama yang pernah mengalahkan gabungan pasukan tiga negara Arab dalam enam hari selama perang 1967 kini berjuang melawan pasukan gerilya di Gaza.

Inilah rezim Israel yang diandalkan oleh para pembuat kebijakan AS sebagai sekutu militer yang penting bagi kepentingan Amerika di kawasan tersebut, tetapi terbukti tidak mampu mencapai kemenangan yang menentukan melawan faksi-faksi di Gaza.

Keterlibatan Lebih Lanjut

Kini, saat Israel terus terjerat di Gaza, negeri itu berupaya memprovokasi kemungkinan terjadinya perang regional di samping perang Gaza yang sedang berlangsung.

Baca juga: Jenderal Iran: Israel Tak Bisa Selamat dari Kehancuran!

Netanyahu mengandalkan AS dan sekutunya untuk melakukan perintahnya agar kawasan itu tetap dalam keadaan perang yang terus-menerus.

Atas alasan ini, Israel telah melanggar kedaulatan Iran dua kali, dan sekarang, karena takut akan pembalasan Iran, Israel mengandalkan AS, serta negara-negara Barat dan Arab, untuk melindunginya dari apa yang mungkin merupakan pembalasan terbatas Iran yang dimaksudkan untuk membangun kembali keseimbangan kekuatan dan pencegahan dalam menghadapi agresi Israel.

Sementara Iran beserta negara dan sekutu non-negaranya berupaya membangun kembali pencegahan, sulit untuk membayangkan bahwa situasi tidak akan meningkat menjadi konfrontasi yang lebih besar.

Mengingat skala dan kompleksitas ketegangan yang sedang berlangsung, yang mencakup wilayah yang luas dan melibatkan banyak aktor, langkah apa pun dapat meredakan ketegangan atau memicu kekerasan lebih lanjut.

Namun, bagi para pembuat kebijakan AS, alih-alih mengakui bahwa stabilitas sejati di Timur Tengah memerlukan penanganan akar penyebab ketegangan dan konflik - termasuk masalah Palestina - AS tetap bertahan dengan pendekatan yang berakar pada kekuatan, aliansi dengan rezim yang menindas, dan mengabaikan hak asasi manusia.

Baca juga: Takut Diserang Iran, Israel Siapkan Bunker untuk Ngumpet Para Pemimpinnya

Sekarang, dengan Israel yang siap menyeret AS ke dalam perang lagi, strategi yang seharusnya menghemat sumber daya Amerika, meskipun karena alasan strategis, justru mengarah pada keterikatan lebih lanjut, dan ini terutama disebabkan oleh dukungan buta dan tanpa syarat Washington terhadap Israel.

Inilah harga yang harus dibayar dari kebijakan yang dibangun di atas ilusi dan keuntungan jangka pendek.

Akankah para pembuat kebijakan di Washington belajar dari kesalahan mereka kali ini? Akankah rakyat Amerika sekali lagi terlibat dalam perang yang lebih luas di Timur Tengah?

Jehad Abusalim mengatakan tidak seorang pun tahu pasti. Namun yang pasti adalah bahwa kita berada di momen yang menentukan sejarah, dan apa pun yang terjadi selanjutnya tidak akan menyerupai apa yang terjadi sebelumnya.

Para pemimpin dan pembuat kebijakan yang bijaksana di AS harus segera mempertimbangkan kembali strategi Timur Tengah negara mereka.

Baca juga: Iran-Israel Memanas, Maskapai Penerbangan Diminta Bawa Bahan Bakar Tambahan

Terus bergantung pada aliansi dengan rezim yang menindas dan kekuatan pendudukan sambil mengabaikan hak dan aspirasi yang sah dari rakyat di kawasan tersebut, khususnya Palestina, hanya akan menyebabkan pertumpahan darah dan ketidakstabilan yang lebih besar.

Pendekatan baru - yang memprioritaskan diplomasi, hak asasi manusia, dan komitmen sejati terhadap perdamaian - tidak hanya diperlukan tetapi juga sangat penting.

Masa depan Timur Tengah dan peran AS di dalamnya bergantung pada perubahan kritis ini.

Topik Menarik