Pak Jokowi, Rusia Bilang Siap Bantu Indonesia Perkuat Perlindungan Data IKN

Pak Jokowi, Rusia Bilang Siap Bantu Indonesia Perkuat Perlindungan Data IKN

Terkini | inews | Minggu, 18 Agustus 2024 - 03:05
share

JAKARTA, iNews.id – Rusia siap membantu Indonesia dalam memastikan keamanan informasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal tersebut diungkapkan Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Sergei Tolchenov, akhir pekan ini.

“Tidak diragukan lagi, kami siap memberikan bantuan di bidang ini,” kata Tolchenov dalam sebuah wawancara dengan Sputnik, Sabtu (17/8/2024).

Menurut dia, bantuan yang diberikan Rusia dalam memastikan keamanan informasi ibu kota baru Indonesia itu bakal bermanfaat. Hal itu mengingat tragedi kebocoran besar-besaran data pribadi warga negara Indonesia akibat serangan siber terhadap Pusat Data Nasional (PDN) yang terjadi beberapa waktu lalu.

Diplomat Rusia itu pun mencatat potensi kerja sama antara lembaga-lembaga Pemerintah Rusia dan perusahaan-perusahaan swasta dalam memberikan perlindungan data pribadi penduduk Indonesia dan mengembangkan e-goverment (penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektornik) di IKN.

Pada Sabtu (17/8/2024) kemarin, Presiden Joko Widodo meresmikan IKN yang ditandai dengan perayaan Hari Kemerdekaan ke-79 Indonesia di ibu kota baru itu. Itu adalah pertama kalinya Upacara 17 Agustus digelar di IKN.

Pada 2019, Jokowi mengumumkan pemindahan ibu kota negara ke kawasan hutan Provinsi Kalimantan Timur. Pemerintah berdalih, kebijakan itu bertujuan untuk meringankan beban Jakarta yang dianggap sudah terlalu padat.

Rusia juga telah menyatakan siap untuk memindahkan kedutaannya dari Jakarta ke IKN.

Topik Menarik