Tak Diundang ke Acara HUT RI di IKN, Begini Reaksi Sultan Kutai Kartanegara

Tak Diundang ke Acara HUT RI di IKN, Begini Reaksi Sultan Kutai Kartanegara

Terkini | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 22:53
share

KUTAI KARTANEGARA, iNews.id - Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Aji Muhammad Arifin tidak menghadiri upacara peringtatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Ketidakhadirannya itu karena tidak menerima undangan dari panitia. 

Saat dikonfirmasi, Sultan Aji bereaksi santai. Dia juga tidak mengetahui alasan tidak menerima undangan tersebut dari panitia peringatan HUT RI di IKN.

“Tergantung dengan faktor  alam, cuaca dan undangan, kita enggak ada diundang," ujar Sultan Aji Muhammad Arifin saat dikonfirmasi alasannya tidak hadir di Sepaku, Sabtu (17/8/2024).

Dia menilai, perayaan kemerdekaan itu seharusnya memiliki makna yang sama di mana pun dilaksanakan, tanpa ada perasaan tersinggung. Termasuk, hari ini dia mengikuti upacara di halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara, di Tenggarong.  

“Tidak ada perasaan lain, itu terserah orang saja mau diundang atau tidak. Tergantung panitianya. Saya biasa saja, masing-masing daerah, sama saja. Kita ini kan sama-sama merayakan kemerdekaan Indonesia,” ucapnya.

Dia berharap keberadaan IKN, dapat membawa kemajuan bagi Indonesia, khususnya untuk wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Selain itu, dia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap bersatu dan menjaga persatuan, agar bangsa ini tidak terpecah belah.

“Saya harap ke depan lebih baik, supaya kita rukun, damai dan tenteram dengan suku-suku yang ada di Indonesia. Saya ingin IKN membawa kemajuan,” katanya.

Topik Menarik