Peringati HUT ke-79 RI, Puan: Merdeka Harus Dirasakan Semua Rakyat 

Peringati HUT ke-79 RI, Puan: Merdeka Harus Dirasakan Semua Rakyat 

Terkini | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 14:52
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) menjadi momentum penting bagi Indonesia. Kemerdekaan juga harus dirasakan oleh seluruh rakyat dan lapisan masyarakat Indonesia.

"Peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-79 tahun 2024 harus menjadi momentum bagi negara memastikan bahwa kemerdekaan Indonesia yang sesungguhnya dirasakan oleh seluruh rakyat," ujar Puan, Sabtu (17/8/2024).

Puan menghadiri upacara peringatan HUT ke-79 RI yang digelar di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan, pagi ini. Puan yang merupakan cucu Proklamator RI Sukarno itu didapuk sebagai pembaca teks proklamasi dalam upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Puan pun menekankan makna kemerdekaan sejati adalah seluruh rakyat Indonesia merasakan pembangunan dan kemajuan bangsa yang merata dan inklusif. Artinya Negara meneruskan perjuangan para pahlawan kemerdekaan untuk memastikan seluruh rakyat Indonesia merasakan kesejahteraan.

Kemerdekaan harus dimaknai bahwa semua rakyat Indonesia dari segala lapisan, dari yang masih berkekurangan dan berkecukupan, dari yang berpendidikan hingga yang masih belum punya kesempatan menempuh pendidikan tinggi, dapat merasakan kemakmuran di Tanah tumpah darahnya sendiri, kata Puan.

Puan menyebut, kemerdekaan juga harus setara bagi semua gender dan kelompok usia masyarakat.

Baik perempuan dan laki-laki, anak-anak, orang dewasa dan orangtua, harus bisa merasa nyaman dan aman hidup di Indonesia, jelas perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Lebih lanjut, mantan Menko PMK ini mengingatkan bahwa kemerdekaan berarti Negara terus berupaya mewujudkan kehidupan yang lebih baik dan lebih maju bagi seluruh rakyat Indonesia dan elemen bangsa. Hal ini, kata Puan, termasuk memastikan semua lapisan masyarakat merasakan keadilan dalam segala aspek.

Kemerdekaan bukan hanya untuk elite, karena negara ini adalah milik seluruh rakyat Indonesia. Bagaimana semua kalangan dan kelompok sosial masyarakat dapat merasakan merdeka dengan diperlakukan sama adil, katanya.

Topik Menarik