Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Kompak Pakai Baju Adat Kustin, Apa Maknanya?

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Kompak Pakai Baju Adat Kustin, Apa Maknanya?

Terkini | mojokerto.inews.id | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 14:50
share

IKN, iNewsMojokerto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengenakan pakaian adat dalam upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam HUT RI kali ini, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Kalimantan Timur (Kaltim) Kustin.

Pakaian Kustin ini ternyata menyimpan makna tersendiri. Pasalnya, pakaian yang terinspirasi dari adat kesultanan Kutai Kertaegara Ing Martapura ini menyimbolkan salah satu cikal bakal Nusantara Indonesia.

Makna Baju Kustin
Baju kustin salah satu pakaian yang mempunyai kasta tertinggi di Kesultanan Kertanegara. Kerajaan Kutai Kertanegara di provinsi Kaltim ini sendiri merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia.

Istilah Kustin sendiri memiliki makna kebesaran. Pakaian adat Kaltim Kustin biasanya dipergunakan sultan pada upacara penting di masa Kesultanan Kertanegara.

Sekadar informasi, baju adat Kustin didominasi warna hitam. Pakaian ini terbuat dari kain beludru. Pada bagian kerah dan lengan terdapat ukiran emas.

Jokowi juga mengenakan asesori kepala untuk menunjang penampilan. Aksesori tersebut terlihat berbahan beludru dengan sentuhan warna emas.

Sementara Irina juga begitu anggun dengan gaya rambut disanggul, lengkap dengan tusuk konde bernuansa emas. Iriana dan Jokowi juga senada mengenakan kain batik bernuansa cokelat.

Topik Menarik