Pertama Kali HUT RI di IKN dan Jakarta, Wapres Ma'ruf: Ini Sejarah 

Pertama Kali HUT RI di IKN dan Jakarta, Wapres Ma'ruf: Ini Sejarah 

Terkini | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 13:43
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan bangsa Indonesia telah mencetak sejarah dengan pelaksanaan upacara detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia di dua tempat Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Merdeka, Jakarta. Upacara berlangsung lancar.

"Momen ini baru terjadi sejarah upacaranya di dua tempat," kata Wapres usai menghadiri upacara tersebut Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Wapres pun menegaskan hari ini sebagai bukti komitmen pemerintah membangun wilayah baru, IKN sebagai Ibu Kota Negara.

"Ini kan merupakan komitmen pemerintah untuk menunjukkan bahwa pemerintah berkomitmen membangun wilayah baru yang kita harapkan nantinya menjadi penggerak Indonesia Maju," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wapres mengatakan bahwa IKN akan mempersatukan Indonesia tanpa terhalang batas geografis.

"Untuk mempersatukan, bahwa kesatuan dan kebersamaan kita tidak terhalang oleh batas geografis itu kan bisa dilakukan bersama dan kita juga berharap semakin terbangun," kata Ma'ruf Amin.

Tak hanya itu, Ma'ruf mengatakan kesan menghadiri upacara di akhir jabatannya. Dia mengatakan bahwa upacara kali ini dianggapnya sebagai upacara wada atau pamitan.

"Ya ini sangat berkesan karena ini yang terakhir, bagi saya ini upacara wada, iya kan ada tawaf wada (tawaf pamitan) haji wada," ujar Ma'ruf.

Topik Menarik