Link Live Streaming Upacara HUT ke-79 RI di IKN dan Jakarta Hari Ini

Link Live Streaming Upacara HUT ke-79 RI di IKN dan Jakarta Hari Ini

Terkini | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 06:07
share

JAKARTA, iNews.id - Link live streaming upacara HUT ke-79 RI ada di bagian bawah artikel ini. Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) dan Jakarta hari ini, Sabtu (17/8/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan upacara 17 Agustus digelar di IKN dan Jakarta. Menurutnya, alasan acara digelar di kedua kawasan itu karena menyangkut transisi perpindahan ibu kota.

"Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan. Jadi di sini (Jakarta) tetap dilakukan, di sana (IKN) tetap dilakukan," kata Jokowi usai meninjau Posyandu terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Alasan lainnya, kata Jokowi, yakni terkait transportasi hingga akomodasi yang dianggap tidak mudah jika upacara 17 Agustus sepenuhnya dilakukan di IKN.

"Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tidak mudah," kata Jokowi.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan Jokowi bakal memimpin upacara HUT RI di IKN ditemani Presiden terpilih Prabowo Subianto, sedangkan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bersama Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka bakal memimpin upacara di Istana Jakarta.

"Pak Wapres yang di sini, IKN insya Allah Pak Presiden langsung," kata Menko PMK Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Berdasarkan Pedoman Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 yang dirilis Kementerian Sekretariat Negara, peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI mengacu waktu Indonesia bagian barat. Sehingga, di Jakarta pukul 10.00 WIB sedangkan IKN pukul 11.00 WITA.

Link live streaming bisa diakses di halaman selanjutnya...

Tamu undangan upacara diimbau untuk mengenakan pakaian nasional atau pakaian adat daerah Indonesia saat mengikuti upacara. Ketentuan berlaku secara nasional, baik di IKN, Jakarta, luar negeri, daerah maupun instansi pemerintahan.

Berikut daftar tamu undangan upacara HUT RI di IKN dan Jakarta.

Istana Negara IKN:

1. Presiden dan Ibu Negara
2. Mantan Presiden
3. Presiden terpilih
4. Para Pimpinan Lembaga Negara
5. Para Menteri
6. Panglima TNI
7. Kapolri
8. Tokoh Agama
9. Tokoh Masyarakat
10. Tokoh Budaya
11. Masyarakat umum sekitar IKN
12. Para pekerja di IKN

Istana Merdeka Jakarta:

1. Wakil Presiden
2. Wakil Presiden terpilih
3. Mantan Wakil Presiden
4. Para Menteri
5. Tokoh Masyarakat
6. Tokoh Agama
7. Tokoh Budaya
8. Pejabat TNI, Polri dan ASN
9. Masyarakat sekitar Istana Merdeka Jakarta

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, M Yusuf memastikan tidak ada perbedaan menonjol dalam tata upacara militer atau acara pokok peringatan HUT RI di kedua daerah. Sebab, kegiatan upacara memiliki standar operasional prosedur (SOP).

"Pada acara nanti, kami akan tampilkan kesenian dari Provinsi DKI dan provinsi-provinsi lain yang ada di Pulau Kalimantan, termasuk juga hiburan lainnya dari para kreator-kreator yang membanggakan," ujar dia.

Link live streaming upacara HUT RI di IKN dan Jakarta bisa diakses di sini.

Topik Menarik