10 Tempat Wisata di Banda Aceh dan Sekitarnya: Nuansa Sejarah, Budaya dan Keindahan Alam

10 Tempat Wisata di Banda Aceh dan Sekitarnya: Nuansa Sejarah, Budaya dan Keindahan Alam

Terkini | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 06:15
share

JAKARTA, iNews.id - Rekomendasi 10 tempat wisata di Banda Aceh yang bisa masuk bucket list wisata. Tersembunyi di ujung barat Indonesia, Banda Aceh menyimpan beragam keindahan dan pesona yang tak banyak orang ketahui. 

Menggabungkan nuansa sejarah, budaya dan keindahan alam, Banda Aceh menawarkan berbagai destinasi wisata luar biasa. Deretan tempat wisata tersebut menarik untuk diketahui.

Berikut 10 Tempat Wisata di Banda Aceh 

Maha Corner

Bagi yang baru pertama kali ke Aceh, tempat ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi, terutama saat matahari terbenam. Suasana saat sunset di sini benar-benar luar biasa indah. Pengunjung  dapat mencicipi berbagai makanan salah satu yang banyak diminati, yaitu menu Pizza-nya.

Museum Tsunami Aceh

Museum yang didedikasikan untuk memperingati bencana Tsunami Aceh pada 2004 silam, merupakan bencana alam terbesar dan mematikan sepanjang sejarah dunia. 

Museum Tsunami Aceh didesain oleh arsitek Ridwan Kamil, memiliki arsitektur seperti gelombang tsunami dan terdapat lorong sempit suasana gelap yang menggambarkan momen mencekam saat terjadi bencana.

Selain itu, ada ruangan terang serta terbuka yang menggambarkan harapan dan kehidupan setelah terjadinya bencana.

Museum Tsunami Aceh. (Foto: Antara).
Museum Tsunami Aceh. (Foto: Antara).

Masjid Agung Meulaboh

Aceh merupakan kota Islam tertua di Asia Tenggara. Sehingga banyak wisata religi yang dapat dikunjungi, yakni Masjid Agung Meulaboh yang termasuk dalam 100 masjid terindah di Indonesia. 

Memiliki arsitektur perpaduan timur tengah, Asia dan Aceh. Perpaduan warna cokelat dan merah bata menambah kemegahan Masjid Agung Meulaboh.

Danau Lut Tawar

Tempat ini cocok bagi yang suka berkemah atau sekadar bersantai sambil melihat pemandangan danau air bersih dan pegunungan hijau. Danau Lut Tawar menjadi pilihan yang pas untuk tujuan wisata. 

Pengunjung bisa membangun tenda di tepi danau sambil menikmati pemandangan danau yang luas dan menegangkan.

Pulau Klah 

Pulau klah merupakan salah satu pulau kecil di Aceh dan paling barat Indonesia. Dikenal sebagai destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam menakjubkan. 

Terdapat pasir putih, air laut jernih dan terumbu karang yang indah penuh dengan fauna indah. Selain itu, pengunjung juga dapat bersnorkeling dan diving. 

Pantai Iboih

Pantai Iboih, meskipun merupakan pelabuhan yang berfungsi sebagai titik keberangkatan menuju Pulau Rubiah, tempat ini menyimpan keindahan pantai menakjubkan. 

Air laut di Pantai Iboih sangat jernih dengan gradasi warna hijau dan biru, disertai dengan hamparan pasir putih dan bersih di sepanjang pesisir.

Gampong Nusa 

Tempat ini cocok bagi yang tertarik dengan keindahan, budaya, adat serta makanan dari Banda Aceh. Pengunjung bisa mendatangi Gampong Nusa yang merupakan desa wisata unik kearifan lokal terdapat hamparan sawah sambil memasak dan memakan makanan tradisional yang nikmat.

Puncak Gunung Geurutee

Pernahkah terpikirkan bersinggah atau rehat sejenak di puncak pegunungan yang indah setelah melakukan perjalanan yang melelahkan? Kamu dapat bersinggah di Puncak Gunung Geurutee sambil ngopi dengan melihat pemandangan deretan pepohonan hijau dan indahnya pulau pulau kecil tak berpenghuni.

Bukit Siron

Bukit Siron menawarkan pemandangan savana yang memesona. Banyak pengunjung merasa seolah berada di Swiss saat berada di tempat ini. Padahal, Bukit Siron terletak di Gampong Siron Krueng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar.

Pantai Ujong Kareung

Berkunjung ke tempat ini dapat menikmati deburan ombak dan pasir putih yang menenangkan. Selain itu, pengunjung dapat melakukan aktivitas memancing.

Tempat ini juga tersedia penyewaan alat pancing. Tempat ini sangat cocok bagi yang hobi memancing.

Itu lah 10 Tempat Wisata di Banda Aceh yang dapat menjadi informasi tambahan bagi yang ingin berlibur bersama keluarga atau kerabat dan teman. 

Topik Menarik