Satu Pasangan Calon di Pilkada Ciamis Semakin Nyata, PDIP Usung Herdiat-Yana

Satu Pasangan Calon di Pilkada Ciamis Semakin Nyata, PDIP Usung Herdiat-Yana

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 19:30
share

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id Kemungkinan besar Pilkada Ciamis 2024 hanya akan diikuti oleh satu pasangan calon. Dari 10 partai politik yang memiliki kursi di DPRD Ciamis (berdasarkan hasil Pemilu Legislatif 2024), tujuh partai telah lebih dulu memberikan dukungan kepada pasangan petahana Herdiat-Yana (HY jilid 2).

Ketujuh partai tersebut adalah Gerindra, Golkar, PAN, Nasdem, PKB, PPP, dan PBB. Kini, PDIP juga memutuskan untuk bergabung mengusung pasangan HY, sementara dua partai lainnya, PKS dan Demokrat, belum menyatakan sikap resmi.

Keputusan PDIP untuk mendukung pasangan HY terungkap setelah Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono, bertemu dengan calon bupati petahana, DR. H. Herdiat Sunarya, MM, di Sekretariat DPD PDIP Jawa Barat di Bandung, pada Rabu (14/8/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Herdiat didampingi oleh Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPC PDIP Ciamis, yakni H. Nanang Permana, SH, MH, H. Syarif Sutiarsa, dan H. Oih Burhanudin.

"PDIP akhirnya memilih mendukung Pak Herdiat setelah Pak Nanang, Ketua DPC PDIP Ciamis, memastikan tidak maju di Pilkada Ciamis 2024," jelas H. Oih Burhanudin, juru bicara Pilkada dari DPC PDIP Ciamis sekaligus Bendahara DPC PDIP Ciamis, pada Jumat (16/8/2024).

Pada pertemuan yang berlangsung di DPD PDIP Jawa Barat, dipastikan bahwa PDIP akan menjadi partai pengusung bagi pasangan HY, bukan hanya sekadar partai pendukung. "PDIP berkomitmen sebagai partai pengusung, bukan pendukung," tambah Oih.

Sementara itu, rekomendasi resmi dari DPP PDIP untuk Herdiat sebagai calon bupati dalam Pilkada Ciamis 2024 masih dalam proses. "Kami optimis surat rekomendasi dari DPP PDIP akan keluar sebelum pendaftaran calon ke KPU," jelas Oih, yang juga mantan Wakil Bupati Ciamis serta kini menjabat sebagai Ketua Sementara DPRD Ciamis sejak pelantikannya pada 5 Agustus 2024.

Topik Menarik