Lifting Migas Turun Jadi 600 Ribu per Hari, Menteri ESDM: Lapangannya Memang Drop

Lifting Migas Turun Jadi 600 Ribu per Hari, Menteri ESDM: Lapangannya Memang Drop

Terkini | okezone | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 16:56
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menurunkan target lifting migas menjadi 600.000 barel per day (bopd) dan lifting gas bumi sebesar 1,005 juta barel setara minyak per hari dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2025.

Asal tahu saja, target lifting migas pada 2025 ini tercatat lebih rendah bila dibandingkan target APBN 2024 yang dipatok sebesar 625.000 bopd untuk minyak bumi dan 1,033 juta boepd untuk gas bumi.

"Lapangannya kan memang dropnya drastis, ya kan. Lapangannya dropnya drastis," jelas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, ketika ditemui usai Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI - DPD RI, Sidang Paripurna DPR RI Tahun 2024 yang digelar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Kendati demikian diakui Arifin, saat ini pihaknya tengah melakukan perbaikan, salah satunya di Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu yang sudah mulai berproduksi.

"Nah sekarang kan udah mulai kita coba recover nih, kan kemarin di Cepu ada tambahan. Mudah-mudahan akhir tahun bisa nguber, tuh," imbuhnya.

Arifin pun berharap target lifting 1 juta BOPD bisa tercapai lantaran melihat keseriusan Exxon Mobil Cepu selaku operator proyek ini.

"Insya Allah. Kan kalau Exxon kan kerjanya serius, ya," tegasnya.

Topik Menarik