Jokowi Sebut Makan Bergizi Gratis Prabowo Dilakukan Bertahap

Jokowi Sebut Makan Bergizi Gratis Prabowo Dilakukan Bertahap

Terkini | okezone | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 15:02
share

JAKARTA - Presiden Jokowi menyebut Makan Bergizi Gratis (MBG) dalam Pidato Pengantar RAPBN 2025 dan Nota Keuangan dihadapan Anggota DPR RI, hari ini. Menurut Jokowi, program tersebut akan dijalankan secara bertahap.

"Program Makan Bergizi Gratis dilakukan secara bertahap, diselaraskan dengan kesiapan teknis dan kelembagaan, serta tata kelola yang akuntabel," ujar Jokowi, Jumat (16/8/2024).

Menurut Jokowi, Makan Bergizi Gratis merupakan salah satu strategi kebijakan jangka pendek yang difokuskan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, menguatkan kesejahteraan dan pemerataan antar-daerah.

"Makan Bergizi Gratis diarahkan untuk meningkatkan gizi anak sekaligus memberdayakan UMKM, dan meningkatkan ekonomi masyarakat kecil di daerah," ujarnya.

Kemudian ada juga program percepatan renovasi sekolah untuk meningkatkan akses, kualitas, dan link and match pendidikan dengan dunia usaha, serta pembangunan sekolah unggulan. Ekosistem pendidikan yang kondusif juga akan dikembangkan.

"Ketiga untuk mendorong produktivitas, menjaga pasokan, dan keterjangkauan harga pangan diperlukan penguatan lumbung pangan dan jaringan irigasi. Keempat, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, diperlukan peningkatan pembiayaan rumah murah untuk rakyat. Kelima, peningkatan permodalan bagi UMKM," ujarnya.

Strategi jangka menengah diarahkan untuk mengakselerasi transformasi ekonomi menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Pertama, mewujudkan SDM unggul yang produktif, inovatif, dan berdaya saing melalui pendidikan bermutu, makan bergizi gratis, dan renovasi sekolah, serta kesehatan berkualitas, dan perlindungan sosial.

Kedua, penguatan hilirisasi dan transformasi hijau untuk meningkatkan aktivitas ekonomi yang bernilai tambah tinggi, yang rendah emisi, dan berorientasi ekspor.

Topik Menarik