Wali Kota Kukuhkan Paskibraka 2024: Putra-Putri Terbaik Kota Makassar 

Wali Kota Kukuhkan Paskibraka 2024: Putra-Putri Terbaik Kota Makassar 

Terkini | celebes.inews.id | Kamis, 15 Agustus 2024 - 20:00
share

MAKASSAR, iNewsCelebes.id - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Makassar 2024, di Baruga Anging Mammiri, Rujab Wali Kota, Kamis (15/8/2024).

Mereka merupakan putra-putri terbaik Kota Makassar yang nantinya bertugas pada peringatan detik-detik proklamasi dan upacara penurunan bendera merah putih di Anjungan City Of Makassar (17/08/2024).

Di hadapan para paskibraka yang baru saja dikukuhkan, Danny Pomanto menekankan pentingnya kekompakan. Paskibraka adalah satu kesatuan yang utuh, tidak berpusat pada satu kelompok mana pun.

"Saya bilang tadi jangan berpikir pasukan delapan, pasukan 17, pasukan 45. Jadi semua pasukan sama pentingnya," ungkap Danny Pomanto.

Paskibraka, kata Danny Pomanto bukan sekadar siapa yang membawa bendera pusaka ataupun komandan upacara, tapi merupakan harga diri Kota Makassar.

Apalagi setiap moment Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Makassar selalu menjadi perhatian nasional. Bahkan menurutnya bisa setara dengan Paskibraka Tingkat Nasional.

"Saya minta fokus dan konsentrasi, karena ini menjadi harga diri kita semua," ujarnya.

Sementara, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Makassar Andi Bukti Djufrie mengatakan mereka yang terpilih adalah putra-putri terbaik dari 800 orang pendaftar.

Mereka mengikuti tahapan pendaftaran dan seleksi secara online. Para peserta mengikuti tes dan dipilih 70 peserta dari berbagai SMA/SMK/MA se-derajat.

"Akhirnya terpilih 35 putra dan 35 putri yang keseluruhan berjumlah 70 peserta Paskibraka Kota Makassar," tutur Andi Bukti Djufrie.

Diketahui, 70 peserta Paskibraka mengikuti latihan selama sebulan lebih. Mulai dari 1 Juli hingga 15 Agustus 2024.

Pada Hari Kemerdekaan RI ke-79, bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka adalah Ipda Rinal Krishna Triananda, Kasubnit 2 Unit Tipidter Satreskrim Polrestabes Makassar.

Paskibraka Kota Makassar tahun ini dibagi menjadi dua formasi. Yakni Tim Cakra dan Tim Wangsa.

Bertugas sebagai pembawa baki di Tim Cakra adalah Farah Fathirah dari MAN 3

Makassar.

Sedangkan Tim Wangsa adalah Syarifah Sabrina Nur Madinah dari SMA Negeri 8 Makassar.

Tim Wangsa bertugas pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Tim Cakra bertugas pada Penurunan Bendera Pusaka.

Topik Menarik