TBF dan Pinterest Gelar Fashionpreneur Masterclass: Scaling Your Business From Local to Global

TBF dan Pinterest Gelar Fashionpreneur Masterclass: Scaling Your Business From Local to Global

Terkini | depok.inews.id | Kamis, 15 Agustus 2024 - 19:20
share

JAKARTA , iNews Depok . id Industri mode di Indonesia terus berkembang pesat, diperkaya oleh kekayaan budaya dan kreativitas lokal.

Pelaku bisnis mode, mulai dari desainer hingga pengusaha ritel, berperan penting dalam membentuk lanskap mode nasional untuk menciptakan produk yang mampu memenuhi keinginan pasar lokal hingga global.

Berperan sebagai fashion ecosystem builder , The Bespoke Fashion (TBF) Consultant secara aktif menyelenggarakan TBF Masterclass sejak 2022 dengan tujuan menginspirasi dan memberdayakan pelaku bisnis industri mode lokal.

Tahun ini di 2024, TBF berkolaborasi dengan Pinterest Indonesia menyelenggarakan Fashionpreneur Masterclass dengan topik Scaling Your Local Business: From Local to Global. Bertujuan untuk memotivasi para pelaku bisnis mode lokal untuk menembus pasar global dimulai dengan pemanfaatan Pinterest sebagai media sosial sekaligus visual search engine .

Selain menjadi forum diskusi intensif, acara ini juga mengoneksi pelaku bisnis mode dan beauty lokal sebagai wadah untuk business matching dan pemantik kolaborasi, tegas Melinda Babyanna, Founder & CEO TBF Consultant.

Pinterest sebagai wadah referensi industri kreatif sejak tahun 2010 telah secara aktif menghubungkan pelaku-pelaku kreatif di internet untuk saling membagikan karya dan referensi.

Melihat peluang kolaborasi dan bisnis yang ada, Pinterest menghadirkan fitur claimed accounts yang membuat Pinterest menjadikan platformnya sebagai salah satu wadah omnichannel untuk ekonomi kreatif global. Dalam hal ini, Pinterest membantu ritel mode lokal untuk dikenali oleh pasar global sekaligus memancing calon konsumen untuk call to action .

Revolusi Industri 4.0 menandai era baru dalam transformasi digital, dimana teknologi baru seperti kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT), dan otomatisasi mengubah cara kita bekerja dan berinteraksi.

Integrasi teknologi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai sektor, tetapi juga menciptakan peluang inovatif yang mengubah lanskap industri secara global.

Ini alasan terbesar kolaborasi The Bespoke Fashion Consultant dan Pinterest terwujud sebagai bagian dari sumber daya produktif, membuat gerakan yang tidak hanya memerhatikan aspek kreativitas, namun juga optimasi penggunaan teknologi, demi mewujudkan skema industri mode lokal yang sehat dan berkelanjutan, baik lokal dan global, lanjut Melinda Babyanna.

Kerja sama antara Pinterest dan The Bespoke Fashion Consultant tercipta dengan baik berkat kesamaan visi untuk memajukan dan menghubungkan aspek ekonomi kreatif Indonesia dengan dunia.

Berkonsep talkshow , TBF x Pinterest: Fashionpreneur Masterclass menghadirkan pembicara-pembicara yang andal dalam industri kreatif dan bisnis mode seperti Melinda Babyanna, Founder & CEO The Bespoke Fashion Consultant serta Chairwoman IDFES, dan Marfanisha Arsyad, Sr. Strategic Partner Manager Pinterest.

Selain itu, Founder brand ternama seperti Lira Krisnalisa, Jenna & Kaia, yang sudah memasuki tahun ke 8 dan Dana Maulana, Founder Danjyo Hiyoji yang sudah membangun brandnya selama 24 tahun, juga turut serta bergabung dalam talkshow untuk membagikan pengalaman dan cara mereka bertahan serta optimasi brand secara digital.

Faktanya, kedua founder tersebut menceritakan begitu besar peran Pinterest dalam proses label mereka untuk lahir dan bertumbuh.

Para Fashionpreneur yang hadir pun turut aktif berinteraksi langsung dalam TBF Masterclass yang berlangsung selama 2 jam.

Trunkshow koleksi terbaru Spring/Summer 2025 dari Danjyo Hiyoji dan Brisha Collection dari Jenna & Kaia, membuat acara begitu hangat.

Didukung OMG Beauty sebagai official makeup partner, trunkshow tersebut bertema festive soft glam .

Antusiasme peserta yang tinggi juga menjadi salah satu faktor pengukur kesuksesan acara ini.

Diselenggarakan secara hybrid, TBF x Pinterest: Fashionpreneur Masterclass dihadiri oleh 37 brand owners secara luring dan 8 orang secara daring.

Meski diperhelat di Hotel Monopoli, Jakarta Selatan, peserta yang hadir di tempat, tidak terbatas penduduk setempat saja, terdapat juga peserta yang berasal dari luar kota seperti Bandung dan Belitung.

Harapannya, TBF x Pinterest: Fashionpreneur Masterclass telah mendorong brand owners untuk memaksimalkan potensi media sosial dan digital marketing untuk meningkatkan exposure brand dan memperluas pasar mereka.

Topik Menarik