BKN Ungkap Rahasia Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2024, Nomor 6 Jangan Coba-Coba

BKN Ungkap Rahasia Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2024, Nomor 6 Jangan Coba-Coba

Terkini | sindonews | Kamis, 15 Agustus 2024 - 09:13
share

BKN mengungkapkan enam rahasia lolos seleksi administrasi CPNS 2024 . Pendaftaran CPNS 2024 akan dibuka 20 Agustus sehingga waktu yang tersedia ini bisa digunakan untuk belajar dan menyiapkan dokumen.

Menjadi seorang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan impian banyak orang di Indonesia, terutama karena stabilitas karier dan berbagai manfaat yang ditawarkan.

Pendaftaran CPNS 2024 yang akan dibuka pada 20 Agustus menjadi kesempatan emas bagi para pencari kerja yang ingin berkarier sebagai aparatur sipil negara. Mengingat persaingan yang ketat, persiapan yang matang sangatlah penting.

Dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat, peluang untuk lolos dalam seleksi CPNS 2024 akan semakin besar. Lalu apa sih tips untuk memenangkan tahap awal untuk seleksi administrasi CPNS 2024?

Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun Instagram resminya mengungkapkan enam hal penting untuk seleksi administrasi. Kata BKN, jangan sampai kesempatan terbuang hanya karena tidak cermat di awal.

6 Rahasia Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2024

1. Ijazah Bukan SKL

BKN mengatakan, berkas dokumen yang wajib untuk dilampirkan sebagai tanda bukti jenjang pendidikan terakhir itu adalah ijazah dan bukan Surat Keterangan Lulus (SKL).

2. Mau Melamar di Instansi dan Jabatan Apa?

Selanjutnya, tips untuk memenangkan persaingan dalam perebutan menjadi PNS adalah mengetahui informasi instansi dan jabatan yang mau dilamar.

Kalian bisa mencari informasinya di laman ASN Karier. Fun fact, gaji atau take home paynya juga bisa dilihat di sini saat portal pendaftaran sudah dibuka.

3. Wajib Pakai E-Materai

Surat pernyataan dan surat lamaran saat mendaftar wajib menggunakan e-materai. Belajar dari pengalaman pelamar sebelumnya, satu hal ini harus kalian cermati betul.

Selain biar tidak rugi, juga mengurangi potensi gugur di tahapan seleksi administrasi atau tahap paling awal persaingan menuju abdi negara.

4. Baca Petunjuk Pendaftaran dengan Baik dan Benar

Setelah membuat akun, para pelamar harus membaca petunjuk pendaftaran CPNS di laman SSCASN dan petunjuk penggunaan e-materai

5. Dokumen Benar dan Legal

BKN juga mengimbau para pelamar di seleksi CPNS 2024 ini untuk memastikan dokumen yang mau diunggah pada saat pendaftaran sudah sesuai syarat instansi. Hal ini karena akan ada proses verifikasi dan validasi berkas di instansi masing-masing untuk lolos seleksi administrasi.

6. Tinggalkan Sistem Kebut Semalam

Tips yang terakhir ini ditekankan betul oleh BKN. Jangan coba-coba mengakhiri pendaftaran dengan sistem kebut semalam. Siapkan sejak awal, periksa kembali, dan akhiri segera setelah semua kelengkapan data dan identitas diyakini benar.

Jangan mimpi kalian lolos seleksi administrasi jika enam hal ini tidak dipersiapkan sejak dini.

Diberitakan sebelumnya, pendaftaran CPNS 2024 akan dibuka pada 20 Agustus hingga 6 September 2024. Kemudian untuk seleksi administrasi berlangsung hingga 13 September 2024.

Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 14-17 September 2024. Bagi yang lolos seleksi administrasi maka akan melakukan konfirmasi penggunaan SKD CPNS 2024 pada 18-28 September 2024.

Bagi pelamar yang keberatan dengan hasil seleksi administrasi dipersilakan untuk melakukan sanggah pada 18-20 Septemner dan jawaban sanggahan dilangsungkan pada 18-22 September 2024.

Setelah itu jadwal akan berlangsung untuk tahapan selanjutnya seperti Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), pengumuman hasil CPNS, pengisian daftar riwayat hidup nomor induk pegawai hingga usul penetapan NIP CPNS pada Februari hingga Maret 2025 mendatang.

Demikian tadi enam tips penting dari BKN untuk lolos seleksi administrasi CPNS 2024. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang berniat menjadi abdi negara baik di instansi pusat maupun daerah.

Topik Menarik