10 Contoh Hukum Tajwid Mad Layyin dalam Alquran

10 Contoh Hukum Tajwid Mad Layyin dalam Alquran

Terkini | okezone | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 15:16
share

BERIKUT ini dijelaskan 10 contoh hukum tajwid mad layyin dalam Alquran beserta pengertiannya lengkap. Mad layyin termasuk ilmu tajwid yang sangat penting dipahami setiap Muslim.

Pembagian hukum tajwid mad secara umum ada dua, yaitu mad far'i dan mad thobi'i. Sementara mad layyin termasuk golongan dari mad far'i.

Mad layyin merupakan sebuah kalimat yang dibaca dengan lembut dan halus. Mad secara bahasa artinya panjang, sedangkan layyin bermakna lunak.

Hukum tajwid mad layyin bisa terjadi apabila ada huruf waw sukun () atau ya sukun () didahului huruf berkharakat fathah dan setelahnya berupa huruf hidup yang dibaca waqaf.

Berbeda dengan mad thobi'i, apabila ada huruf ya sebelumnya diikuti harakat kasrah, huruf waw sebelumnya diikuti harakat dhommah dan alif sebelumnya diikuti dengan harakat kasrah.

Disebut mad layyin apabila ada huruf mad yaitu huruf waw sukun dan ya sukun serta huruf sebelumnya berkharakat fatkhah bertemu dalam satu kalimat.

Mad layyin panjangnya 2 harakat, namun apabila ya sukun dan wau sukun berada sesudah huruf yang berharakat fathah menghadapi huruf yang mati (waqaf) atau diwaqafkan, maka panjangnya boleh 2, 4, atau 6 harakat.

Berikut ini contoh bacaan tajwid mad layyin dalam Alquran, sebagaimana telah Okezone himpun:

1. Surat Al Fatihah Ayat 4

Hukum bacaan tajwid mad layyin: Lafadz yakni wawu sukun ( ) bertemu dengan ya () fathah.

2. Surat Al Baqarah Ayat 2

Hukum bacaan mad layyin dalam ayat inni terdapat pada kalimat Roiba.

3. Surat Al Baqarah Ayat 3

Hukum bacaan mad layyin ada dalam kalimat Bilghoiib.

Topik Menarik