8 Hal yang Harus Dilakukan saat Sakit Sendirian di Kost

8 Hal yang Harus Dilakukan saat Sakit Sendirian di Kost

Terkini | okezone | Jum'at, 9 Agustus 2024 - 12:01
share

JAKARTA - Ada 8 hal yang harus dilakukan saat sakit sendirian di kost. Tentunya, Anda ingin tahu apa yang harus dilakukan saat sakit dengan gejala flu atau pusing.

Untuk itu ada strategi perawatan diri dapat berubah tergantung pada gejala Anda. Sehingga, mencegah penyakit Anda menyebar ke orang lain.

Dilansir Verywellhealth, berikut 8 hal yang harus dilakukan saat sakit sendirian di kost:

1. Minum air banyak

Beberapa penyakit lebih mungkin menyebabkan dehidrasi daripada yang lain.Penting untuk mengganti cairan yang hilang seperti air atau Pedialyte.

Tetap terhidrasi dapat membantu Anda mencegah penyakit, menghindari komplikasi, dan mempercepat pemulihan jika Anda sakit.

2. Tidur

Tidur berperan dalam seberapa baik tubuh melawan infeksi. Serta sistem kekebalan tubuh bergantung pada fungsi otak yang sama saat Anda demam dan sakit.

3. Siapkan kotak obat dan letakkan dekat kasur

Sebelum sakitmu tambah parah, belilah obat-obatan yang sekiranya nanti Anda perlukan. Untuk berjaga-jaga, letakkanlah kotak obat di posisi yang mudah dijangkau seperti di samping tempat tidur.

Hal ini memudahkan untuk minum obat jika sewaktu-waktu badanmu sudah terlalu lemas dan harus beristirahat total.

4.Jangan olahraga Dulu

Olahraga memang penting, tetapi ada kalanya dapat lebih banyak menimbulkan bahaya daripada manfaatnyabaik bagi Anda maupun orang-orang. Jika Anda demam, jangan berolahraga hingga demam Anda reda.

Olahraga di pusat kebugaran merupakan salah satu cara untuk menularkan infeksi menular kepada orang lain. Saat Anda mengalami infeksi pernapasan akibat virus dikaitkan dengan risiko ini bisa mengalami kelelahan kronis dan, dalam kasus yang jarang terjadi, miokarditis (peradangan yang mempengaruhi otot jantung Anda).

5. Berikan udara segar

Biarkan jendela yang terbuka dapat mengeluarkan udara nggak sehat dan digantikan oleh udara segar. Percaya atau tidak, mengurung diri di kamar tanpa cahaya atau udara segar bisa menimbulkan hawa yang semakin nggak sehat.

6. Manfaatkan aplikasi kesehatan

Jika tak sempat ke Puskesmas atau rumah sakit, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter profesional lewat aplikasi. Dokter yang terdaftar pun terpercaya dan berkualitas, kok.

Beberapa di antaranya memang ada yang berbayar, tapi nggak sedikit juga yang gratis. Bahkan, kamu juga bisa minta resep dan memesan obat secara online.

7. Berikan asupan nutrisi yang tinggi

Saat Anda berada di kosan, usahakan untuk mendapatkan asupan nutrisi yang tinggi.

8. Berkomunikasi dengan orang tercinta

Ada sesuatu tentang berbicara dengan seseorang yang Anda cintai saat sedang merasa sedih. Siapa tahu, mungkin bisa mendapatkan simpati dan mereka akan membawakan makanan kesukaan serta menyembuhkan penyakit Anda.

Topik Menarik