Satgas Damai Cartenz Tangkap Tersangka Baru Pemasok Senjata Api OPM

Satgas Damai Cartenz Tangkap Tersangka Baru Pemasok Senjata Api OPM

Terkini | inews | Sabtu, 8 Juni 2024 - 19:59
share

JAKARTA, iNews.id -Satgas Ops Damai Cartenz mengungkap tersangka baru kasus jual beli senjata api ilegal. Senjata api ilegal tersebut dipasok kepada Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Kepala Operasi Damai Cartenz, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengungkapkan, tersangka baru yang ditangkap bernama Sarius Indey.

Pria berusia 58 tahun itu kata dia merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdomisili di Hamadi Gunung, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Penangkapan ini, lanjut dia pengembangan dari penangkapan sebelumnya terhadap tersangka Petrus Oyaitouw pada 4 Juni 2024 dalam kasus jual beli senjata kepada OPM atau dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)..

Penangkapan Sarius Indey merupakan hasil pengembangan dari penyelidikan terhadap Petrus Oyaitouw yang sebelumnya telah ditangkap dan diduga kuat terlibat dalam jaringan pemasok senjata api kepada KKB di wilayah Tabi, ujar Kombes Faizal dalam keterangannya, Sabtu (8/6/2024).

Dalam penangkapan itu, kata dia tim Satgas jmenyita barang bukti berupa handphone (HP) dan kartu identitas milik Sarius Indey. Sarius Indey, lanjut dia mendapatkan senjata api dari Petrus Oyaitouw jenis Suar.

Menurutnya, Sarius Indey mendapatkan senjata api tersebut dari anak-anak yang menemukan senjata berkarat di bekas kantor Dinas Perhubungan pada 2021.

Sarius kemudian menyerahkan senjata tersebut kepada Petrus Oyaitouw yang bermaksud memperbaikinya untuk digunakan berburu. Selain itu, Sarius juga memberikan uang sebesar 10 juta rupiah kepada Petrus untuk pembelian senjata lainnya, ucapnya.

Topik Menarik