Tingkatkan Kemampuan Hadapi Bencana, 27 Personel TRC Bangka Barat Dibekali Pelatihan Menyelam

Tingkatkan Kemampuan Hadapi Bencana, 27 Personel TRC Bangka Barat Dibekali Pelatihan Menyelam

Terkini | inews | Selasa, 4 Juni 2024 - 13:00
share

BANGKA BARAT, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pelatihan menyelam bagi 27 personel Tim Reaksi Cepat (TRC), Selasa (4/6/2024). Kegiatan tersebut guna meningkatkan kemampuan personel dalam menghadapi bencana di daerah itu.

Kegiatan yang berlangsung di Kolam Renang Tirta Krida Mentok Kabupaten Bangka Barat ini mendatangkan lima orang instruktur dari Universitas Bangka Belitung (UBB).

Plt Kepala BPBD Bangka Barat, Bastomi mengatakan pelatihan selam ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personelnya dalam menghadapi musibah atau bencana yang berkaitan dengan bidang selam.

"Agar anggota BPBD Bangka Barat dapat secara profesional dan mandiri menguasai teknik pertolongan di wilayah perairan. Pembelajaran yang diberikan oleh instruktur selam dari UBB ini berjenjang mulai teori, demonstrasi dan simulasi," katanya.

Bastomi menuturkan pelatihan ini dilatarbelakangi kejadian atau musibah yang sering ditangani oleh BPBD Kabupaten Bangka Barat rata-rata berada di wilayah perairan.

"Di sini kan ada penyeberangan kapal dari Tanjung Api-Api ke Mentok, jadi tingkat kerawanan ada, karena lalu lintas kapal itu mobilitasnya tinggi. Ada juga kejadian desa rawan bencana banjir seperti di Parittiga, Kampung Ulu dan Culong Mentok," tuturnya.

Usai melaksanakan pelatihan di kolam renang, kata dia, pelatihan selanjutnya dilakukan di kawasan perairan Tanjung Ular Kecamatan Mentok, pada Rabu (5/6/2024) besok.

Topik Menarik