5 Drama Korea tentang Bullying di Sekolah yang Raih Penghargaan

5 Drama Korea tentang Bullying di Sekolah yang Raih Penghargaan

Terkini | sindonews | Selasa, 4 Juni 2024 - 12:32
share

Banyak drama Korea populer bertema bullying yang terjadi di sekolah. Genre ini banyak digemari karena terasa dekat bagi para penonton.

Drama-drama yang menampilkan tema ini biasanya memberikan cerita tentang bagaimana bullying atau perisakan bisa sangat berbahaya dan memberikan trauma mendalam bagi para korbannya. Sering kali ceritanya juga menggambarkan aksi balas dendam dari korban perisakan.

Gambaran yang realistis tentang gambaran bullying yang dialami anak-anak, terutama di Korea Selatan dianggap juga membangkitkan kepedulian masyarakat terkait masalah ini. Jadi tak heran, beberapa drama yang mengangkat tema ini meraih penghargaan berkat isu serta nilai produksi yang mereka bawa.

Baca Juga: 10 Drama Korea Bullying di Sekolah dengan Rating Tertinggi, Terbaru Pyramid Game

Drama Korea tentang Bullying di Sekolah yang Meraih Penghargaan

1. The Glory (2022-2023)

Foto: Netflix

Ada banyak penghargaan yang diraih oleh drama Korea The Glory, antara lain yang paling utama adalah:

- Best Drama: Asian Academy Creative Awards 2023, Baeksang Arts Awards 2023, Kinolights Awards 2023, dan Korean Drama Awards.

- Best Actress (Song Hye-kyo): Asian Academy Creative Awards 2023, Baeksang Arts Awards 2023

- Best Supporting Actress (Lim Ji-yeon): Asian Academy Creative Awards 2023, Baeksang Arts Awards 2023, Blue Dragon Series Awards 2023

- Best Director (Ahn Gil-ho): Korean Drama Awards 2023

- Best Screenplay (Kim Eun-sook): Asian Academy Creative Awards 2023

Dibagi menjadi dua bagian, drama yang diperankan oleh Song Hye-kyo, Lee Do-hyun, Lim Ji-yeon, dan Jung Sung-il ini dapat ditonton melalui Netflix. Drama ini mengisahkan Moon Dong-eun yang menjadi korban perisakan ketika masih duduk di bangku sekolah.

Ketika dewasa dirinya mencoba membalaskan dendamnya kepada Park Yeon-ji. Dengan dibantu oleh Joo Yeo-jeong seorang pria yang menyukainya, Dong-eun memulai aksi balas dendamnya dengan menjadi wali kelas bagi anak dari Yeon-ji.

2. Weak Hero Class 1 (2022)

Foto: Wavve

Beberapa penghargaan yang diraih Weak Hero Class 1 adalah:

- Best OTT Original: Asia Contents Awards & Global OTT Awards 2023

- Best New Actor (Park Ji-hoon): Blue Dragon Series Awards 2023, KBS Drama Awards 2023

- Whynot Awards (Choi Hyun-wook): Blue Dragon Series Awards 2023

Serial yang diambil dari webtoon Weak Hero karya Seopass dan Kim Jin-seok ini dibintangi oleh Park Ji-hoon, Choi Hyun-wook, dan Hong Kyung. Hanya memiliki delapan episode drama ini dapat disaksikan melalui Prime Video.

Kisahnya tentang Yeon Si-eun, Ahn Su-ho, dan Oh Beom-seok yang bekerja sama untuk melawan tindak kekerasan yang terjadi di sekolah. Namun mereka justru menghadapi tantangan yang lebih berat yang terjadi di antara mereka.

3. Extracurricular (2020)

Foto: Netflix

Penghargaan yang diraih oleh drakorExtracurricular adalah:

- Best New Actress (Park Ju-hyun): 57th Baeksang Arts Awards 2021

Extracurricular dibintangi oleh Kim Dong-hee, Park Ju-hyun, Jung Da-din, dan Nam Yoon-soo. Drama ini hanya memiliki 10 episode, dan bisa ditonton di Netflix.

Serial ini mengisahkan Oh Ji-su (Kim Dong-hee) sebagai murid teladan yang memiliki sisi gelap di belakangnya yaitu menjalankan bisnis prostitusi. Dengan penampilannya yang terlihat sebagai anak baik-baik, dirinya kerap kali menjadi target perisakan yang dilakukan oleh Kwak Ki-tae (Nam Yoon-soo).

Bae Gyu-ri (Park Ju-hyun) yang kerap membantu Ji-su pun perlahan mengetahui rahasia gelap di balik Ji-su

4. Who Are You: School 2015 (2015)

Foto: KBS

Penghargaan yang diraih oleh drakor Who Are You: School 2015 antara lain adalah:

- Best Supernatural Drama: 11th Soompi Awards 2011

- Best New Actress (Kim So-hyun): KBS Drama Awards 2015

- Best New Actor (Nam Joo-hyuk): 4th APAN Star Awards 2015

- Best Couple Award (Yook Sung-jae & Kim So-hyun): KBS Drama Awards 2015

Drama yang dibintangi oleh Kim So-hyun, Nam Joo-hyuk, dan Yook Sung-jae ini dapat ditonton melalui Netflix dan iQIYI. Drama yang menjadi bagian keenam dari antologi School ini mengisahkan tentang dua saudara kembar yang terpisah sejak usia lima tahun, yaitu Go Eun-byul dan Lee Eun-bi (keduanya diperankan Kim So-hyun).

Nasib mereka sangat berbeda. Eun-byul bersekolah di sekolah paling bergengsi, sedangkan Eun-bi harus menerima bullying di sekolahnya hingga hampir bunuh diri. Mengetahui hal itu Eun-byul memutuskan untuk menjadi Eun-bi agar kembarannya itu tidak dirisak lagi.

Baca Juga:Biodata dan Profil Pemain High School Return of a Gangster, Drakor Gangster Masuk ke Tubuh

5. School 2013 (2012)

Foto: KBS

Penghargaan yang diraih School 2013 antara lain ada:

- Excellence Awards, Best Actress in a Miniseries (Jang Nara): KBS Drama Awards 2012

- Best New Actor (Lee Jong-suk): KBS Drama Awards 2012

- Excellence Awards, Actor (Lee Jong-suk): 2nd APAN Star Awards 2013

Serial ini adalah bagian kelima dari antologi School yang diperankan oleh Jang Nara, Choi Daniel, Lee Jong-suk, Kim Woo-bin, dan Kwak Jung-wook. Drama dengan total 16 episode dan 1 episode spesial ini dapat ditonton di Viu.

School 2013 mengambil sudut pandang dari seorang wali kelas bernama Jung In-jae (Jung Nara) dan Kang Sae-chan (Choi Daniel). Mereka bekerja sama untuk menyelesaikan berbagaikasus perisakan dan kenakalan remaja lainnya yang hadir di dalam kelasnya.

Itulah beberapa drama korea tentang bullying di sekolah yang berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi di berbagai ajang prestisius.

MG/Akbar Nugroho

Topik Menarik