Mahasiswa Ini Lulus Tanpa Skripsi dan Raih Beasiswa

Mahasiswa Ini Lulus Tanpa Skripsi dan Raih Beasiswa

Terkini | okezone | Selasa, 4 Juni 2024 - 12:44
share

MALANG - Mahasiswa di Malang berhasil lulus wisuda tanpa skripsi, hanya dengan membuat aplikasi tanaman herbal.

Aplikasi bernama Herbify, inovasi Hania Pratiwi Ningrum, mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika, juga mengantarkan Hania menjadi wisudawan terbaik pada 113 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Karya aplikasi Hania bernama Herbify juga berhasil masuk dalam top 20 Final Capstone Project Bangkit Academy Batch 1 2024.

Sang pencipta aplikasi sendiri berhasil meraih beasiswa leadership untuk dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek

“Melalui bimbingan UMM, saya juga tembus ke program magang dan studi Independen bersertifikat (MSIB) dari Kemendikbud. Bahkan karya ilmiah saya juga membuat saya bisa lulus dan diwisuda tanpa skripsi,” kata Hania Pratiwi melalui keterangannya pada Selasa (4/62/2024).

Hania menyebut, bila banyaknya tanaman herbal di Indonesia menginspirasinya untuk menciptakan aplikasi Herbify. Aplikasi ini berorientasi untuk memperkenalkan tanaman herbal asli Indonesia ke masyarakat. Aplikasi ini bahkan mendapatkan pendanaan inkubasi ratusan juta.

“Saya dan tim melihat bahwa banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengenal tanaman herbal asli Indonesia. Padahal banyak tanaman yang berkhasiat untuk tubuh dan kesehatan. Ketika sakit, kebanyakan dari mereka lebih memilih obat berbahan kimia atau memilih herbal China yang terkenal bagus untuk kesehatan,” ujar dia.

Menurutnya, aplikasi ini memiliki fitur menarik, seperti herbapedia yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis herbal di Indonesia, dan herbastore yang digunakan untuk melakukan penjualan tanaman herbal. Bahkan juga ada herbal talk yang dapat digunakan untuk berbicara dengan ahli mengenai herbal.

Topik Menarik