Apa Itu Affiliate Marketing? Ini Tipe hingga Cara Kerjanya

Apa Itu Affiliate Marketing? Ini Tipe hingga Cara Kerjanya

Terkini | inews | Selasa, 4 Juni 2024 - 12:06
share

JAKARTA, iNews.id - Affiliate marketing menjadi strategi populer untuk meningkatkan visibilitas secara online. Teknik ini juga bisa mengembangkan basis pelanggan mereka. 

Affiliate Marketing adalah pola promosi marketing, di mana seseorang akan mendapat komisi dari pemilik bisnis saat berhasil menjual suatu produk atau jasa karena sudah bergabung menjadi Affliate Marketer. Berdasarkan hasil survei Suara UKM Negeri Vol 5 tentang fenomena affiliate marketing, 73 persen orang berbelanja di affiliate marketing karena tertarik dengan produk yang dipromosikan mereka. 

Secara umum, dalam sistem affiliate marketing terdapat tiga pihak utama yakni Pemilik bisnis atau brand, afiliasi, orang yang mempunyai kemampuan memengaruhi orang lain agar membeli produk tertentu. 

Biasanya, afiliasi ini seorang blogger, infulencer, atau individu yang memiliki minat khusus dan memilih mempromosikan produk sesuai dengan minat mereka di media sosial. 

Dalam melakukan strategi affiliate marketing, ada tiga hal penting yang perlu diketahui. Digital Marketing Expert bersama Ninja Xpress Nurdin Hoerrudin membagikan tiga hal penting seputar Affiliate Marketing dan bagaimana cara kerjanya.

1. Tipe-tipe Affiliate Marketing

Tipe-tipe program Affiliate Marketing dapat dibedakan dari harga produk yang akan mempengaruhi model pembayaran komisi. Jadi bisa dikelompokkan menjadi 3, yaitu:

a. Harga Produk Low Price, komisi yang diberikan kepada Affiliate di angka 3-5 dari produk yang berhasil terjual
b. Harga Produk High Price, komisi yang diberikan kepada Affiliate di angka 75 dari produk yang berhasil terjual
c. Flat Rate, para pelaku UMKM dapat menentukan angka komisi secara rata untuk semua produk yang berhasil terjual

2. Cara Kerja Affiliate Marketing

Sebagai pemilik bisnis, penting bagi pelaku bisnis untuk memahami cara kerja sistem afiliasi. Pertama, para affiliate mendaftar program afiliasi melalui situs web atau formulir yang disediakan oleh pemilik bisnis, dan menerima link affiliate dengan ID untuk mencatat transaksi. 

Selanjutnya, affiliate membagikan link tersebut di media sosial atau blog mereka. Konsumen yang mengklik link akan diarahkan ke halaman produk untuk melakukan pembelian. Transaksi ini kemudian dicatat oleh jaringan affiliate, dan penjual mengkonfirmasi serta memproses pesanan. Setelah semua langkah selesai, affiliate menerima komisi berdasarkan penjualan yang berhasil, sesuai dengan persentase yang disepakati.

3. Strategi Program Affiliate Marketing

Dalam menggunakan Affiliate Marketing, terdapat strategi khusus yang bisa dilakukan oleh pemilik bisnis agar berhasil, yaitu:

a. Pemilik bisnis membuat sistem promosi di toko menggunakan sistem cara kerja Affiliate Marketing
b. Pemilik bisnis menyediakan konten sendiri yang menarik dan berkualitas untuk digunakan para Affiliate untuk promosi
c. Sistem komisi dibuat lebih fleksibel agar para Affiliate lebih semangat dalam berpromosi
d. Angka komisi harus disesuaikan dengan margin produk
e. Berikan sample produk pada Affiliate, agar mereka bisa tampak natural dalam memberikan ulasan saat promosi

Selain itu, dalam program affiliate marketing tentu ada kelebihan dan kekurangannya untuk menjadi referensi Anda. Kelebihan affiliate marketing seperti, modal yang dikeluarkan lebih kecil dibandingkan beriklan di platform lain namun hasilnya paling terasa. Sementara untuk kekurangannya, sebagai pemilik bisnis Anda harus dituntut harus cermat mengatur strategi agar Affiliate mau bergabung dengan program Anda dan menyeleksi para Affiliate yang bagus tapi sesuai dengan budget Anda.

“Affiliate marketing telah menjadi strategi yang semakin populer di Indonesia, membantu berbagai bisnis meningkatkan visibilitas mereka secara online dan mengembangkan basis pelanggan mereka. Dengan strategi affiliate marketing ini, diharapkan dapat mendukung UMKM di seluruh Indonesia untuk memanfaatkan potensi besar dari strategi pemasaran ini, meningkatkan penjualan, dan mencapai kesuksesan yang lebih besar di era digital," kata Head of Trade Marketing Ninja Xpress Subarkah Dwipayana.

Topik Menarik