Sama-sama Alumnus ITB, Ini Jejak Pendidikan Kepala dan Wakil Otorita IKN yang Mengundurkan Diri

Sama-sama Alumnus ITB, Ini Jejak Pendidikan Kepala dan Wakil Otorita IKN yang Mengundurkan Diri

Terkini | sindonews | Selasa, 4 Juni 2024 - 10:25
share

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe mengundurkan diri dari jabatannya. Berikut ini profil pendidikannya.

Pengunduran diri keduanya disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Pratikno mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima surat pengunduran diri dari Dhony Rahajoe dan disusul oleh surat pengunduran diri Bambang Susantono.

Baca juga: Pernyataan Lengkap Dhony Rahajoe usai Mundur dari Wakil Kepala Otorita IKN

Bambang dan Dhony dilantik sebagai kepala dan wakil kepala Otorita IKN periode 2022-2027 pada 10 Maret 2022. Senin kemarin Keppres tentang pemberhentian keduanya sudah diterbitkan.

Usai mengundurkan diri, Pratikno mengatakan, Bambang akan bertugas membantu langsung Presiden untuk memperkuat kerja sama internasional untuk percepatan pembangunan IKN.

Baca juga:Mundur dari Kepala IKN, Bambang Susantono Bakal Dapat Tugas Baru

Sementara Dhony dalam keterangan resminya akan senantiasa mendukung keberhasilan terwujudnya IKN sebagai kota berkelanjutan di dunia, pusat pergerakan ekonomi nasional, dan simbol keberagaman Indonesia.

Sama-sama Alumnus ITB

Dikutip dari laman Kantor Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe ternyata sama-sama alumnus ITB.

Bambang yang lahir di Yogyakarta merupakan alumnus Fakultas Teknik Sipil ITB (1982-1987). Bambang yang juga dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi itu banyak menduduki jabatan penting.

Baca juga: Breaking News! Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN Mundur

Setelah lulus dari ITB, Bambang menjadi PNS di Departemen Pekerjaan Umum. Ia melanjutkan kuliah pascasarjana di Universitas California, Berkeley dan meraih gelar Master tata Kota dan wilayah pada 1996.

Pada tahun 1998, Bambang meraih gelar MSCE di bidang teknik transportasi di kampus yang sama. Pendidikan doktoralnya dia selesaikan pada tahun 2000 dengan meraih gelar doktor di bidang perencanaan infrastruktur dari Universital California, Berkeley.

Sementara Dhony adalah alumnus ITB dari jurusan Teknik Arsitektur ITB angkatan 1984. Dhony lahir 8 September 1966 yang sebelumnya menjabat sebagai Managing Director President Office Sinas Mas Land.

Baca juga: DPR Kaget Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe Mundur Berjamaah

Dhony juga menjadi Anggota Badan Pembina Yayasan Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB). Yayasan ini merupakan milik Sinar Mas Group yang kemudian mendirikan kampus ITSB (Institut Teknologi Sains Bandung).

ITSB yang lokasi kampusnya berada di Cikarang, Jawa Barat ini menjalin kerja sama dengan ITB dalam pengembangan standar akademik.

Demikian profil pendidikan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN yang telah mengundurkan diri dan sama-sama alumnus ITB. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik