Unik, Penumpang Harus Timbang Badan Dulu Sebelum Naik Pesawat Ini

Unik, Penumpang Harus Timbang Badan Dulu Sebelum Naik Pesawat Ini

Terkini | okezone | Minggu, 2 Juni 2024 - 20:15
share

JAKARTA – Pesawat ini unik karena penumpang harus timbang atau ukur berat badan lebih dulu sebelum naik. Bahkan hal tersebut penting untuk dilakukan karena berkaitan dengan keselamatan penerbangan.

Pesawat tersebut adalah Sam Air (Semuwa Aviasi Mandiri). Ini merupakan maskapai yang melayani rute penerbangan ke daerah-daerah pedalaman, khususnya di wilayah timur Indonesia.

Maskapai Sam Air merupakan milik H Wagus Hidayat. Dia merupakan pria kelahiran Wamena, Papua pada 16 Agustus 1975. Dengan enam unit pesawat jenis propeller, Sam Air juga menyediakan jasa charter flight atau penerbangan tak terjadwal.

Melansir melalui Instagram Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) pesawat ini termasuk ke dalam jenis pesawat Twin Otter. Sepanjang perjalanan penumpang dapat menikmati pemandangan sekaligus melihat aktivitas pilot di cockpit pesawat.

Waktu jarak tempuh pesawat Sam Air kurang lebih hanya 30 menit lebih cepat dibandingkan waktu jarak tempuh di jalur darat yang kemungkinan dapat memakan beberapa jam.

Sebelum melakukan penerbangan, penumpang perlu melakukan prosedur penimbangan berat badan beserta barang-barang bawaan. Penempatan penumpang di dalam pesawat juga turut diatur. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar distribusi beban pesawat masih dalam jarak layak saat perhitungan keseimbangan dan beban.

Topik Menarik