ITS Buka Prodi Safety Engineering Pertama di RI, UKT Mulai Rp7,5 juta

ITS Buka Prodi Safety Engineering Pertama di RI, UKT Mulai Rp7,5 juta

Terkini | sindonews | Minggu, 2 Juni 2024 - 11:24
share

ITS membuka program studi (prodi) baru S1 Rekayasa Keselamatan Proses (RKP) atau Safety Engineering. UKTnya mulai Rp7,5 juta hingga Rp12,5 juta.

Bagi calon mahasiswa baru yang mau menjadi mahasiswa angkatan pertama jurusan RKP ini kalian bisa mendaftarkan diri di jalur Seleksi Mandiri Umum dan Mandiri Kemitraan. Pendaftaran dibuka 28 Mei hingga 16 Juni mendatang.

Prospek Kerja

Menurut Kepala Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Atok Setiawan, lulusan RKP memiliki kesempatan besar berkarier dalam bidang industri, utamanya bidang pertambangan dan petrokimia. Selain itu, peluang untuk bekerja dalam instansi pemerintah juga terbuka lebar.

Lulusan RKP memiliki kesempatan kerja yang luas karena sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang industri, kata Atok melalui siaran pers, Minggu (2/6/2024).

ITS membuka Prodi RKP sebagai wujud dukungan terhadap perkembangan industri di Indonesia tanpa mengurangi kesadaran akan urgensi keselamatannya.

Sebagai pionir, lulusan dari prodi ini digadang-gadang memiliki tingkat kesadaran yang tinggi terhadap keselamatan manufaktur maupun pekerja.

Bekali Mahasiswa dengan Sisi Teknis dan Non Teknis

Ketua Laboratorium Pembakaran dan Sistem Energi ITS ini mengatakan, jurusan Safety Engineering berada di bawah naungan Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS).

Selain mempelajari mata kuliah dari berbagai departemen di FTIRS, mahasiswa RKP juga akan diajarkan kemampuan manajerial, tuturnya.

Dalam hal teknis, jelas Atok, peserta didik akan dibekali dengan kemampuan mengoperasikan perangkat lunak untuk merancang, mengoperasikan, memodifikasi, dan melakukan pemeliharaan yang berfokus pada keselamatan.

Sedang dari sisi nonteknis, peserta didik mendapat kemampuan manajerial seperti sistem manajemen keselamatan yang mempelajari regulasi keselamatan skala nasional maupun internasional.

Tidak hanya memberikan pengetahuan, prodi ini juga menyediakan fasilitas praktikum yang memadai. Contohnya, untuk mendukung pembelajaran nantinya disediakan laboratorium mekanika dan permesinan fluida serta laboratorium pengukuran keandalan risiko dan keselamatan.

Kami juga menyediakan laboratorium simulator agar mahasiswa dapat menyimulasikan secara langsung operasional dari pembangkit listrik, papar lelaki lulusan Teknik Mesin ITS tahun 1988 ini.

Perbedaan Prodi RKP dan K3

Atok pun menerangkan perbedaan prodi RKP dengan prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang ada di kampus-kampus lainnya. Prodi K3 berfokus pada bidang kesehatan para pekerja, sedangkan RKP bertujuan melahirkan lulusan yang mampu meninjau dan menginvestigasi proses keselamatan dari segi teknis.

Contohnya, jika terjadi ledakan pada sebuah industri, lulusan RKP mampu menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya ledakan tersebut, beber Atok.

UKT dan IPI

Uang Kuliah Tunggal (UKT) jurusan S1 Rekayasa Keselamatan Proses ITS di seleksi Mandiri Umum dikenakan UKT kelompok 7 Rp7,5 juta, UKT 8 Rp10 juta dan UKT 9 Rp12,5 juta.

Sementara Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang harus dibayar mahasiswa S1 Rekayasa Keselamatan Proses adalah Rp50 juta untuk IPI Pilihan 2 sebesar Rp60 juta. Kategori IPI ditentukan oleh indeks kemampuan orang tua.

Sementara untuk jalur Seleksi Mandiri Kemitraan UKTnya sama dengan jalur Mandiri Umum. Namun IPINya berbeda yakni IPI Pilihan 1 Rp60 juta dan IPI Pilihan 2 Rp75 juta.

Topik Menarik