5 Universitas di Indonesia yang Berikan Beasiswa untuk Penghafal Alquran

5 Universitas di Indonesia yang Berikan Beasiswa untuk Penghafal Alquran

Terkini | okezone | Minggu, 2 Juni 2024 - 09:11
share

JAKARTA - Berikut 5 universitas di Indonesia yang berikan beasiswa untuk penghafal AlQuran.

Beberapa universitas menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang hafal Alquran atau Hafidz Quran. Hal ini dilakukan untuk membudayakan menghafal kalam ilahi itu. Beberapa universitas tersebut diantaranya :

1. Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukan bagi calon mahasiswa baru yang mempunyai hafalan Al-Quran minimal 2 juz serta memiliki kemampuan dan semangat belajar tinggi.

Tidak main-main, UMJ bahkan berikan beasiswa 100 untuk prodi Kedokteran yang hafal 30 Juz. Beasiswa akan diberikan dari semester 1 sampai semester 8, dengan ketentuan melampirkan transkrip nilai terakhir IPK minimal 3.00

Adapun, berikut besaran beasiswa yang diberikan UMJ dikutip dari laman resminya, Kamis (30/5/24) :

Hafidz Quran kategori 2 s/d 5 Juz mendapatkan besaran 60 dari total biaya kuliah pada semester 1 sampai semester 4 (akan di tes ulang di tiap semesternya)

Hafidz Quran kategori 6 s/d 10 Juz mendapatkan besaran 70 dari total biaya kuliah pada semester 1 sampai semester 5 (akan di tes ulang di tiap semesternya)

Hafidz Quran kategori 11 s/d 20 Juz mendapatkan besaran 80 dari total biaya kuliah pada semester 1 sampai semester 6 (akan di tes ulang di tiap semesternya)

Hafidz Quran kategori 21 s/d 25 Juz mendapatkan besaran 90 dari total biaya kuliah pada semester 1 sampai semester 7 (akan di tes ulang di tiap semesternya)

Hafidz Quran kategori 26 s/d 30 Juz mendapatkan besaran 100 dari total biaya kuliah pada semester 1 sampai semester 8 (akan di tes ulang di tiap semesternya)

Hafidz Quran prodi Gizi dan Kebidanan 20 s/d 25 Juz mendapat besaran 90 pada semester 1 sampai semester 7, dengan ketentuan di atur lebih lanjut berdasarkan ketentuan Fakultas Kedokteran.

2. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul juga merupakan universitas yang berikan beasiswa untuk mahasiswa yang hafal AlQuran. Beasiswa ini dibagi dua, beasiswa untuk hafidz 15-20 juz dan hafidz dengan hafalan lebih dari 20 juz.

Beasiswa dengan hafalan lebih dari 15-20 juz mendapat keringanan sebanyak 75 dan untuk beasiswa dengan hafalan lebih dari 20 juz mendapat keringanan sebanyak 100.

Masa berlaku beasiswa maksimal 8 Semester untuk Program Sarjana dan Maksimal 6 Semester untuk Program Diploma.

3. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Universitas Islam Bandung juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa baru yang memiliki hafalan 5-30 Juz. Beasiswa yang ditawarkan UNISBA mencakup pembinaan rutin bulanan serta pembebasan biaya kuliah Fakultas Syariah, Dakwah, Tarbiyah dan Keguruan, Hukum, Psikologi, MIPA, Teknik, Ilmu Komunikasi, & Ekonomi dan Bisnis. UNISBA juga tawarkan pembebasan biaya hidup untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran.

Topik Menarik