Dokter Tirta Jelaskan Fungsi Energy Gel saat Berolahraga

Dokter Tirta Jelaskan Fungsi Energy Gel saat Berolahraga

Terkini | okezone | Rabu, 29 Mei 2024 - 19:00
share

ENERGY gel yang dikonsumsi dr. Tirta saat menyelesaikan Merbabu SkyRace sempat menimbulkan banyak pertanyaan dari para netizen. Selain itu, banyak juga yang salah mengartikan bahwa EJ sport merupakan energy drink. Alhasil dr. Tirta menjelaskan bahwa energy gel berbeda dengan energy drink.

Merangkum dari unggahan video dr. Tirta dalam akun Instagramnya pada Rabu (29/5/2024), umunya, energy gel memiliki kandungan maltodextrin, L carnitine, dan vitamin b di dalamnya guna mencegah kelelahan otot dan menjadi sumber energi cepat. Namun, setiap energy gel memiliki kandungan yang berbeda-beda.

Dokter Tirta menjelaskan bahwa energy gel adalah bagian penting dari rehidrasi tubuh ketika berolahraga, terutama yang mengutamakan daya tahan seperti berlari, bersepeda, atau gym. Setiap energy gel dapat mengandung sekitar 150 hingga 200 kilo kalori, tergantung pada komposisinya.

Meskipun mengandung kalori yang dapat menggantikan energi, dr. Tirta tidak menyarankan energy gel dikonsumsi oleh seseorang yang sedang tidak berolahraga. Selanjutnya, dr. Tirta membagikan strategi penggunaan energy gel dengan kalorinya yang mencapai sekitar 1.500 kalori.

Dia akan minum energy gel setiap tiga kilometer dan pada saat elevasi mencapai 300 meter. Namun, dia juga mengimbanginya dengan semangka dan air mineral yang terdapat pada water station.

Kemudian, seseorang dapat minum satu energy gelnya lagi ketika mencapai kilometer enam dan mengimbangkannya dengan elektrolit. Menurutnya, elektrolit juga penting, terutama natrium untuk memastikan bahwa tubuhnya tidak mengalami hiponatremia hingga kram.

Terakhir, saat mendekati garis finish di kilometer sembilan, dr. Tirta kembali minum satu energy gel. Namun, dia menekankan bahwa setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda, oleh karena itu konsumsi energy gel harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing indivdu.

Penggunaan energi gel dapat menjadi salah satu strategi yang efektif untuk memenuhi daya tahan tubuh ketika sedang berolahraga. Untuk itu, dengan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan energi gel, seseorang mungkin dapat memanfaatkannya secara optimal untuk meningkatkan kinerja dan menjaga keseimbangan tubuh mereka selama berolahraga.

Topik Menarik