SYL di Sidang Kasus Korupsi: Berapa pun Hukumannya Saya Siap

SYL di Sidang Kasus Korupsi: Berapa pun Hukumannya Saya Siap

Terkini | inews | Selasa, 7 Mei 2024 - 07:38
share

JAKARTA, iNews.id - Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL sudah siap menjalani hukuman usai terlibat kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Dia diketahui menjadi terdakwa penerimaan gratifikasi dan pemerasan di lingkungan Kementan.

Pernyataan itu disampaikan di hadapan mantan Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Pimpinan Biro Umum dan Pengadaan Kementan Raden Kiky Mulya Putra dan Koordinator Kerasipan dan Tata Usaha Biro Umum pada Kementan Rezki Yudistira Saleh. Keduanya dihadirkan oleh jaksa KPK menjadi saksi di persidangan, Senin (6/5/2024).

"Pertanyaan terakhir dari terdakwa kalau ada, silakan. Saudara punya hak untuk bertanya kepada para saksi," kata ketua majelis hakim Rianto Adam Pontoh.

"Yang Mulia, para saksi yang saya hormati, adik-adik saya. Mohon maaf Yang Mulia, ada tiga yang saya mau dapat jawaban yang sejujurnya, jawab sejujurnya, saya sudah dipenjara, saya sudah siap. Oleh karena itu jawab saja sejujurnya," kata SYL.

SYL bertanya kepada kedua saksi apakah pernah mendengar langsung permintaan uang secara lisan atau pun tulisan darinya. Saksi pun mengaku tidak pernah.

"Yang pertama, pernahkah kalian mendengar perintah saya secara langsung untuk meminta, untuk melakukan apa yang tadi ditanyakan, baik lisan maupun tertulis?" tanya SYL.

"Tidak Bapak," jawab Rezki.

"Kiky?" tanya SYL.

"Tidak," jawab Kiky.

Setelah itu, SYL memamerkan penghargaan yang diraih Kementan yakni 72 prestasi dunia dan nasional. SYL pun meminta kedua saksi menjawab dengan jujur yang diamini oleh Rezki.

"Termasuk 72 penghargaan itu, termasuk penghargaan KPK, itu pernah dengar?" tanya SYL.

"Pernah Pak," ucap Rezki.

SYL juga menanyakan terkait penanganan Covid-19 oleh Kementan hingga penanganan bahaya El Nino dan penyakit antraks.

"Yang terakhir, maaf Yang Mulia. Pernahkah tahu kalau ada bencana Covid-19 selama tiga tahun? Kami ini diminta turun tangan sepenuhnya unik mengatur 280 juta orang makanannya?" tanya SYL.

"Siap pernah Pak," jawab Kiky.

"Pernah dengar ada El Nino? Bahaya El Nino?" tanya SYL.

"Pernah Pak," jawab Rezki.

"Pernah nggak dengar ada antraks yang mengancam semua hewan kita pernah dengar?" tanya SYL.

"Pernah Pak," jawab Rezki.

SYL pun mengklaim masalah itu dapat diatasi oleh Kementan dengan baik di bawah pimpinannya. Dia lantas mengaku siap menerima berapa pun lama hukuman yang dijatuhi hakim kepadanya.

"Saya seberapa pun hukumannya saya siap, Yang Mulia, yang penting saya mau ini didengar gitu. Kenapa Yang Mulia? Karena saya sih berharap bahwa perjalanan yang ada ini betul-betul sepenuhnya seadil-adilnya, senormatifnya saya sudah siap. Maafkan saya JPU, saya siap pak. Oleh karena itu, saya berharap semua normatifnya itu, dan saya siap tanggungbjawabnya. Saya kira itu Yang Mulia, saya sudah dijawab, saya bahagia sekali dengan jawabannya," tutur SYL.

Topik Menarik