Mahfud MD Jadi Khatib Salat Idul Fitri di UGM, Beri Pesan Filosofi Puasa Menyucikan Diri

Mahfud MD Jadi Khatib Salat Idul Fitri di UGM, Beri Pesan Filosofi Puasa Menyucikan Diri

Terkini | inews | Rabu, 10 April 2024 - 09:43
share

YOGYAKARTA, iNews.id - Eks Menko Polhukam Mahfud MD menjadi khatib Salat Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah yang digelar di halaman Graha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (10/4/2024). Sementara imam Salat Id oleh Imam Muda Masjid Kampus UGM Muhamad Farhan Najib.

Dalam khutbahnya, Mahfud menilai saling memaafkan antarmanusia menjadi bagian menyucikan diri setelah menjalankan ibadah berpuasa dengan harapan Indonesia bisa lebih baik.

“Filosofi puasa menyucikan diri. Tapi menyucikan diri sejalur belum diklasifikasi ke orang lain kepada orang secara langsung,” ujar Mahfud, Rabu (10/4/2024).

Filosifi inilah kemudian memunculkan tradisi saling meminta maaf antarmanusia. Hal ini banyak dilaksanakan masyarakat di berbagai daerah seusai melaksanakan Salat Idul Fitri. <asyarakat akan saling mengunjungi dan melaksanakan tradisi saling meminta maaf.

“Tradisi saling meminta maaf di antara anak bangsa untuk membangun peradaban Indonesia yang lebih baik, di bidang politik, sosial maupun ekonomi,” katanya.

Kehadirannya di kampus UGM saat ini juga menjadi bagian membangun peradaban yang lebih baik, di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Makanya saya di kampus. Semoga Indonesia bisa menatap masa depan lebih baik dengan persatuan,” ucapnya.

Seusai Salat Id dan melayani pertanyaan wartawan, Mahfud MD langsung pergi meninggalkan lokasi. 

Topik Menarik