Ilmuwan Siapkan AI yang Bisa Mengetahui Datangnya Kematian

Ilmuwan Siapkan AI yang Bisa Mengetahui Datangnya Kematian

Teknologi | sindonews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 19:15
share

Kecerdasan buatan (AI) canggih tengah diuji coba oleh Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) untuk memeriksa seberapa akurat kecerdasan itu dapat memprediksi risiko penyakit dan kematian dini seseorang.

BACA JUGA - Israel Kembangkan Senjata Otonom Berteknologi Kecerdasan Buatan

Pada alat tersebut, hasil tes jantung murah digunakan untuk mengingatkan dokter mengenai pasien yang memerlukan tes lebih lanjut untuk masalah jantung mereka.

Jika uji coba berakhir dengan sukses, program AI estimasi risiko AI-ECG, atau Aire akan diintegrasikan sebagai fitur umum dalam layanan kesehatan dalam lima tahun ke depan.

Kecerdasan buatan membuat mesin cukup mampu menghasilkan gambar dan video, mengobrol santai, atau membedakan antara Coke dan Pepsi.

Namun, laboratorium AI berharap dapat menggunakan teknologi ini untuk melawan penyakit dan memahami tubuh manusia.

Tes ini mempelajari detak jantung, aktivitas listrik, dan ritme untuk mendiagnosis segala hal mulai dari infark miokard pada orang dewasa dan penyakit jantung pada anak-anak.

Tes ini digunakan oleh AI untuk memeriksa bagian dalam jantung pasien dengan cara yang tidak mungkin dilihat oleh dokter seperti menggali informasi genetik.

"Aire tidak hanya memprediksi risiko kematian tetapi juga waktu kematian," kata para peneliti sambil menambahkan bahwa alat itu menciptakan 'kurva kelangsungan hidup' dari satu tes EKG.

Uji coba pertama program ini akan diadakan di Imperial College Healthcare NHS Trust dan Chelsea and Westminster Hospital NHS Foundation Trust pada tahun 2025.

Ratusan pasien akan berpartisipasi dalam uji coba tersebut dan lebih banyak uji coba semacam itu akan diadakan di lokasi rumah sakit lainnya.

Berbicara kepada kantor berita PA, seorang pembaca di bidang elektrofisiologi jantung di Imperial College London dan konsultan kardiologi di Imperial College Healthcare NHS Trust Dr Fu Siong Ng berkata, "Ada tiga atau empat penelitian berbeda yang akan dijalankan di berbagai rumah sakit mulai pertengahan tahun depan."

"Secara umum, model-model ini akan diuji untuk memastikan keakuratannya dalam mendiagnosis. Jadi, orang-orang yang sudah menjalani EKG di rumah sakit, kami akan menguji keakuratan model-model ini dalam mendiagnosis diagnosis tertentu," tambahnya.

"Kemudian lapisan berikutnya, setelah itu ditunjukkan, kita dapat melakukan intervensi untuk menunjukkan bahwa kita dapat mengubah lintasan pasien," kata Siong Ng.

Topik Menarik