Ilmuwan Temukan Spesies Baru Hiu Hantu Langka di Laut Selandia Baru

Ilmuwan Temukan Spesies Baru Hiu Hantu Langka di Laut Selandia Baru

Teknologi | sindonews | Jum'at, 27 September 2024 - 10:26
share

Hiu hantu, juga dikenal sebagai chimaera atau spookfish, dapat diidentifikasi dengan hidungnya yang luar biasa panjang dan tajam serta ekornya yang seperti cambuk.

BACA JUGA - Langka, Bayi Hiu Hantu Ditemukan di Pesisir Selandia Baru

Para ilmuwan telah menemukan spesies baru hiu hantu di perairan Selandia Baru. Ikan ini langka dan sangat sulit ditemukan karena hidup di Samudra Pasifik bagian dalam.

Ketika pertama kali ditemukan, para ilmuwan dari Institut Nasional untuk Air dan Atmosfer (NIWA), Selandia Baru mengira bahwa spesies ini sudah ada.

Seperti dilansir dari Wion News, namun, setelah diteliti lebih lanjut, terungkap bahwa spesies ini baru dan unik secara genetik.

Hiu hantu, yang juga dikenal sebagai chimaera atau spookfish, dapat dikenali dari hidungnya yang luar biasa panjang dan tajam serta ekornya yang seperti cambuk.

Sering disebut sebagai kupu-kupu laut karena cara mereka bernavigasi di air dengan sirip dada yang besar, spesies ini tidak memiliki sisik dan berkerabat dekat dengan hiu dan pari.

Mereka memiliki kerangka tulang rawan dan memakan krustasea seperti moluska dan udang.

Spesies baru, Australasian Narrow-Nosed spookfish, hanya hidup di perairan Selandia Baru dan Australia.

"Habitat mereka membuat mereka sulit dipelajari dan dipantau, artinya kita tidak tahu banyak tentang biologi atau status ancaman mereka," kata Dr. Brit Finucci, salah satu ilmuwan yang menemukan ikan hantu berhidung sempit Australasia.

Ikan ini hanya ditemukan di perairan Selandia Baru dan Australia dan diketahui hidup di kedalaman hingga 2.600 meter.

"Chimaera sifatnya cukup tersembunyi – mereka sulit ditemukan di laut dalam … dan mereka umumnya tidak mendapat perhatian yang sama seperti hiu, dalam hal penelitian."

Spesies baru hiu hantu ditemukan sekitar 750 km di timur pantai Selandia Baru di Chatham Rise, suatu wilayah dasar laut.

Ikan ini dapat mencapai panjang hingga satu meter dan memiliki mata berwarna seperti susu. Ikan berwarna cokelat ini dikenali dari moncongnya yang memanjang, yang dapat mencapai setengah dari panjang tubuhnya.

Baca juga | Suara-suara menyeramkan bergema di Palung Mariana, dan kini kita tahu penyebabnya

Sekitar 55 spesies hiu hantu telah diidentifikasi di seluruh dunia, 12 di antaranya ditemukan di perairan Pasifik Selatan dan Selandia Baru.

"Sangat menyenangkan bisa berkontribusi pada sains," katanya. "Memahami hewan itu sendiri dapat menjadi masukan untuk penelitian lebih lanjut dan apakah mereka memerlukan manajemen konservasi."

Finucci telah memberi nama spesies itu Harriota avia, memberikan sentuhan pribadi pada penemuannya, Harriotta adalah nama neneknya.

"Avia berarti nenek dalam bahasa Latin, saya ingin memberikan penghormatan ini kepadanya," jelas Finucci, seraya menambahkan bahwa neneknya telah mendukung kariernya selama ini. "Hiu dan hiu hantu adalah kerabat ikan yang sudah tua dan purba, dan saya menamai hewan itu dengan nama kerabat purba saya."

Topik Menarik