Kehebatan Rudal Balistik Fath-360 Iran, Bikin Ukraina dan Sekutu Kalang Kabut

Kehebatan Rudal Balistik Fath-360 Iran, Bikin Ukraina dan Sekutu Kalang Kabut

Teknologi | sindonews | Kamis, 12 September 2024 - 07:32
share

Amerika Serikat betul-betul marah saat tahu Iran mengirim ratusan rudal ke Rusia. Rudal-rudal ini kabarnya ditukar dengan jet tempur SU-35 .

Kekhawatiran Amerika bersama negara-negara NATO lainnya cukup beralasan. Rudal-rudal yang dipasok Iran ke Rusia sungguh mengancam Ukraina. Dengan kemampuan senjata-senjata ini Rusia jadi sangat leluasa menghancurkan target-target vital musuhnya.

Kyiv Independent melaporkan, Kamis (12/9/2024) empat jenis rudal berbeda bisa jadi telah dipasok Iran ke Rusia. Yaitu dua jenis rudal jarak dekat, Ababil dan Fath-360, dan dua jenis jarak pendek, Fateh-110 dan Zolfaghar. Yang sudah terkonfirmasi Iran telah mengirimkan Fath-360 ke Rusia.

Kehebatan Rudal Balistik Fath-360 Iran

Fath-360 adalah rudal balistik jarak dekat dengan hulu ledak 150 kilogram. Seperti semua rudal balistik, mereka ditenagai oleh roket dan diluncurkan tinggi ke atmosfer sebelum melengkung kembali ke sasaran.

Rudal ini hanya dipandu selama tahap awal peluncuran, sehingga dapat kurang akurat daripada rudal jelajah, tetapi memiliki keuntungan mencapai kecepatan yang sangat tinggi, kadang-kadang lebih dari 3.200 kilometer per jam saat mendekati sasaran. Soal daya ledaknya tak perlu diragukan.

Bagaimana Rusia akan menggunakannya?

Jangkauan Fath-360 sejauh 120 kilometer mengungkap rencana Rusia yang mungkin untuk senjata-senjata ini. Karena ini adalah sistem taktis, Moskow kemungkinan akan menggunakannya untuk menyerang aset-aset kritis di Ukraina.

"Misalnya, jika mereka telah mengidentifikasi pangkalan logistik, atau depot, aset udara, atau sistem pertahanan udara dalam jarak 120 kilometer dari garis depan, dan ingin menyerang segera, maka jenis sistem ini sangat berguna," kata Fabian Hinz, peneliti pertahanan dan analisis militer International Institute for Strategic Studies.

"Mereka memiliki waktu reaksi yang sangat singkat, sangat cepat, jauh lebih cepat daripada UAV."

Menurut Hinz, mendapatkan Fath-360 berarti Rusia sekarang bebas untuk menyimpan rudalnya yang lebih mahal dan jarak jangkauannya lebih jauh seperti Iskander, untuk serangan jarak jauh ke Ukraina.

Tetapi bukan hanya target militer Ukraina yang berada dalam jangkauan rudal Fath-360, kota-kota seperti Kharkiv dan Sumy, keduanya berjarak hanya 30 kilometer dari perbatasan Rusia, juga berada dalam bidiknya.

Apa yang dapat dilakukan Ukraina untuk menghadapinya?

Lebih banyak rudal balistik di tangan pasukan Rusia menghadirkan masalah besar bagi Ukraina. Karena kecepatannya yang tinggi, hanya sistem pertahanan udara paling canggih yang mampu menembaknya jatuh, sistem Patriot buatan AS salah satunya.

Melindungi kota-kota Ukraina dari serangan rudal balistik jarak pendek berarti hanya area yang relatif kecil perlu dijangkau, tetapi peningkatan serangan semacam itu di sepanjang garis depan akan meregangkan pertahanan udara yang sudah tegang.

Ukraina saat ini memiliki setidaknya empat Patriot, sementara Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan membutuhkan 25 unit untuk melindungi langit di seluruh negeri. Ada harga sangat mahal yang harus dibayar. Satu rudal pencegat Patriot dapat berharga USD2 juta hingga USD4 juta.

Iran akan membayar harga yang mahal untuk langkah ini. AS, Inggris, Prancis, dan Jerman sudah mengumumkan sanksi lebih lanjut dalam sebuah pernyataan bersama pada 10 September.

Tiga negara tersebut mengatakan mereka akan mengambil langkah-langkah baru dan signifikan terhadap Iran jika transfer tersebut terjadi.

Menurut pernyataan bersama tersebut, mereka akan mengambil langkah-langkah segera untuk membatalkan perjanjian layanan udara bilateral dengan Iran dan bekerja menuju sanksi terhadap Iran Air, maskapai penerbangan nasional negara tersebut.

Entitas dan individu yang terlibat dengan program rudal balistik Iran dan transfer rudal balistik dan senjata lainnya ke Rusia juga akan menghadapi sanksi. "Tindakan ini merupakan eskalasi oleh baik Iran maupun Rusia, dan merupakan ancaman langsung terhadap keamanan Eropa," kata pernyataan bersama tersebut.

Menurut Hinz, perhitungan Iran adalah bahwa sanksi layak untuk ditanggung untuk mendapatkan dua hal yang sangat dibutuhkannya - uang dan teknologi militer. "Rezim Iran berada dalam kesulitan keuangan yang akut, dan mereka bisa mendapatkan banyak uang," katanya.

"Dan jika Anda melihat dokumen yang bocor tentang harga (Shahed kamikaze), mereka menuntut harga yang sangat mahal untuk itu, jadi saya akan menebak kita berbicara tentang banyak uang."

Di sisi teknologi militer, Iran telah lama mencari pesawat tempur Su-35 dan sistem rudal pertahanan udara S-400 dari Rusia, meskipun belum menerima apa pun dari Moskow. "Jadi ada banyak yang bisa mereka dapatkan," kata Hinz.

Topik Menarik