Lubang Misterius Terlihat di Google Maps, Diduga Bekas Meteor Kuno

Lubang Misterius Terlihat di Google Maps, Diduga Bekas Meteor Kuno

Berita Utama | sindonews | Rabu, 11 September 2024 - 00:30
share

Seorang pria Kanada menemukan lubang misterius di permukaan Bumi saat melihat Google Maps. Setelah penyelidikan terhadap lubang ini ternyata itu kawah besar yang terbentuk oleh meteor kuno.

Awalnya Joel Lapointe sedang memeriksa lokasi-lokasi dekat wilayah Côte-Nord Quebec di Google Maps karena dia berencana untuk berkemah. Terlihat sebuah lubang yang mencurigakan berdiameter 15 kilometer.

Namun, cara lubang melengkung tampak tidak wajar bagi pria tersebut. Lapointe kemudian melihat cincin pegunungan yang berdiameter sekitar delapan kilometer dan mengelilingi Danau Marsal terdekat.

Dia melaporkan temuannya kepada peneliti ahli dan ahli geofisika Prancis Pierre Rochette. Hasilnya, lubang tersebut kemungkinan merupakan tempat jatuhnya meteor kuno.

"Melihat topografinya, ini sangat sugestif dari dampak," kata Rochette dilansir dari Wionews, Rabu (11/9/2024).

Baca Juga: Bikin Kaya Dadakan, Batu Meteor Diburu

Ahli geofisika menguji sampel material yang ditemukan di lubang tersebut dan menemukan bahwa zirkon - mineral yang mempertahankan kerusakan mikroskopis disebabkan oleh dampak meteor.

Meskipun bukti menunjukkan bahwa kawah tersebut dibuat oleh batuan ruang angkasa kuno, para ahli telah menyarankan bahwa lebih baik menunggu hasil semua tes sebelum mencapai keputusan akhir.

Baca Juga: Ini Perbedaan Antara Meteor, Meteorit, dan Asteroid

Rochette mengatakan jika lubang tersebut benar-benar merupakan tempat jatuhnya meteor, maka penemuan ini akan menjadi besar.

Profesor Ilmu Bumi Universitas Western Gary Osinksi mengatakan lubang tersebut menjadi tempat jatuhnya meteorit.

"Sangat mudah dengan Google Earth saat ini untuk pergi dan menemukan struktur yang berbentuk lingkaran atau setengah lingkaran. Tetapi sembilan dari sepuluh kali itu bukan (kawah)," kata Osinksi.

Topik Menarik