AS Siap Bikin Jalur Kereta di Bulan, Ini Rincian Pembangunannya

AS Siap Bikin Jalur Kereta di Bulan, Ini Rincian Pembangunannya

Teknologi | sindonews | Selasa, 10 September 2024 - 14:55
share

Northrop Grumman, salah satu pabrikan dirgantara dan pertahanan terkemuka di Amerika Serikat siap garap proyek ambisius: membangun jalur kereta di permukaan Bulan. Kontrak ini menandai langkah besar dalam eksplorasi ruang angkasa dan inovasi teknologi luar angkasa.

Seperti dilansir dari Daily Start, menjalankan kereta api di Bulan mungkin tampak sangat konyol, namun ada logika kuat di baliknya.

Bahkan ketika astronot pertama mendarat di Laut Ketenangan pada tahun 1969, disadari bahwa kehadiran manusia secara permanen di Mars memerlukan infrastruktur untuk memeliharanya. Termasuk pertambangan es air, pembangkit listrik tenaga nuklir, pabrik, dan jalur kereta api.

Meskipun banyak orang mengira Bulan itu kecil, kenyataannya Bulan adalah tempat yang sangat luas dengan luas permukaan yang setara dengan Afrika.

Perkeretaapian, baik yang menggunakan rel atau menggunakan sistem maglev, sangat masuk akal. Selain nilai logistiknya, mereka juga merupakan cara untuk menangani salah satu masalah utama Bulan debu. Debu bulan sangat abrasif dan korosif.

Karena kurangnya air, listrik statis dari debu membuatnya menempel pada pakaian antariksa dan peralatan, menjadikannya tidak hanya kotor tetapi juga mengurangi masa pakai. Bepergian dengan kereta api akan sangat mengurangi kontak antara manusia dan debu saat manusia berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Kontrak baru ini mencakup beberapa dasar-dasar pengembangan perkeretaapian semacam itu. Northrop Grumman ditugaskan untuk memilah antarmuka dan sumber daya yang diperlukan untuk membangun jaringan kereta api bulan, membuat daftar penting mengenai biaya yang dapat diperkirakan, risiko teknologi dan logistik.

Sistem jalur kereta ini diharapkan akan mempercepat dan mempermudah eksplorasi serta pembangunan infrastruktur di permukaan Bulan. Ini bisa mencakup pengangkutan material, peralatan ilmiah, dan bahkan mungkin mendukung pembangunan koloni manusia di masa depan.

Topik Menarik