Apple Luncurkan iPhone 16 Pro dan Pro Max dengan Chipset A18 Pro, Fitur Apple Intelligence

Apple Luncurkan iPhone 16 Pro dan Pro Max dengan Chipset A18 Pro, Fitur Apple Intelligence

Teknologi | okezone | Selasa, 10 September 2024 - 12:01
share

CUPERTINO - iPhone 16 Pro dan Pro Max resmi diluncurkan bersama sejumlah perangkat pintar Apple lainnya, termasuk model dasar iPhone 16 dan 6 Plus, pada Senin, (9/9/2024). Kedua model iPhone baru ini hadir dengan layar yang lebih besar, chip A18 Pro yang canggih, dan tombol kontrol kamera unik yang meningkatkan pengalaman pengguna.

Dilansir Gizmochina, iPhone 16 Pro dan Pro Max hadir dengan layar yang lebih besar dari pendahulunya, dengan iPhone 16 Pro menawarkan layar 6,3 inci dan iPhone 16 Pro Max yang menawarkan layar 6,9 inci. Kedua layar tersebut menampilkan tampilan ProMotion 120Hz khas Apple untuk pengguliran yang mulus dan bezel tertipis yang pernah ada di iPhone.

Pada dapur pacu, seri iPhone 16 Pro ditenagai oleh chip A18 Pro, yang dikembangkan pada proses 3nm generasi kedua TSMC. Chip ini menawarkan CPU 6-inti, GPU 6-inti, dan Neural Engine 16-inti yang mampu melakukan 35 triliun operasi per detik.

Chip A18 Pro menghadirkan kinerja CPU 15 lebih cepat dan kecepatan GPU 20 lebih cepat dibandingkan dengan A17 Pro, sekaligus meningkatkan efisiensi daya. Peningkatan bandwidth memori sistem dan akselerator ML yang canggih juga membuat perangkat lebih efisien, terutama saat mengakses model generatif.

Fitur menonjol dari seri iPhone 16 Pro adalah sistem kameranya yang ditingkatkan. Kedua model ini memiliki kamera utama 48MP dengan sensor quad-pixel generasi kedua, yang memungkinkan foto ProRAW dan HEIF tanpa jeda rana. Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera ultra-lebar 48MP dan lensa telefoto periskop 12MP 5x yang menawarkan zoom 120mm yang memberikan fleksibilitas tambahan bagi penggemar fotografi.

Seri iPhone 16 dilengkapi dengan tombol kontrol kamera baru yang menawarkan umpan balik taktil dan akses cepat ke fitur kamera. Satu kali tekan akan membuka aplikasi kamera, satu ketukan akan mengambil foto, dan menahan tombol akan memulai perekaman video. Ponsel ini juga mendukung gerakan sentuh untuk penyesuaian mudah pada komposisi, zoom, dan pengaturan lainnya.

 

Chip A18 Pro menyempurnakan fotografi komputasional dengan penyesuaian warna dan bayangan secara real-time, gaya fotografi yang dapat disesuaikan, dan perekaman video yang ditingkatkan pada 4K120fps. Chip ini juga mendukung perekaman audio spasial untuk pengalaman yang lebih mendalam saat dipasangkan dengan AirPods atau Apple Vision Pro.

Seri ini juga dilengkapi dengan fitur "Visual Intelligence" baru yang menawarkan informasi real-time tentang objek dalam tampilan kamera seperti Google Lens, memberikan informasi seperti ulasan hingga detail dari sebuah poster.

iPhone 16 Pro Max dikatakan memiliki masa pakai baterai terbaik dari semua iPhone hingga saat ini, berkat baterai yang lebih besar dan manajemen daya yang lebih baik dari chip A18 Pro. Kedua model mendukung kecepatan pengisian yang lebih cepat, meskipun detail watt spesifik belum dikonfirmasi.

Perbandingan layar iPhone 16 Pro dan Pro Max.

Seri ponsel ini hadir dengan iOS 18, yang dilengkapi fitur-fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan pengalaman pengguna. Salah satu fitur tersebut adalah Apple Intelligence, asisten pribadi yang didukung oleh pembelajaran mesin chip A18 Pro, yang menawarkan tugas-tugas seperti menulis, meringkas, dan pembuatan gambar dengan privasi penuh di perangkat.

Untuk para gamer, iPhone 16 Pro dan Pro Max dilengkapi dengan Game Mode, yang meningkatkan kinerja dengan konsistensi frame rate yang lebih baik dan latensi yang berkurang. iOS 18 juga dilengkapi dengan lebih banyak opsi penyesuaian untuk layar beranda, beserta Crash Detection dan Emergency SOS via Satellite untuk keamanan tambahan.

Seri iPhone 16 Pro dilengkapi bingkai titanium Grade 5 yang kuat dan ringan, dengan lapisan mikroblast premium. Dilengkapi juga dengan kaca Ceramic Shield, yang menawarkan ketangguhan dua kali lipat dari kaca ponsel pintar lainnya, dan peringkat IP68 untuk ketahanan terhadap air dan debu. Ponsel dapat bertahan di dalam air hingga kedalaman 6 meter selama 30 menit.

 

Di bagian dalam, substruktur termal aluminium daur ulang 100 meningkatkan pembuangan panas, meningkatkan kinerja selama tugas berat. Perangkat ini juga menawarkan kinerja berkelanjutan hingga 20 lebih baik daripada iPhone 15 Pro.

Ponsel ini hadir dalam empat warna: Deep Black Titanium, Bright White Titanium, Natural Titanium, dan Desert Titanium.

Seri iPhone 16 Pro mulai dari USD999 (sekira Rp15,4 juta) untuk model 128GB, sedangkan iPhone 16 Pro Max mulai dari USD1199 (sekira Rp18,5 juta) untuk varian 256GB. Prapemesanan dibuka Jumat, (13/9/2024), dengan perangkat tersedia secara resmi mulai tanggal 20 September.

Topik Menarik