Koin Emas Bizantium Ditemukan di Lantai Rumah, Ditaksir Berusia 1.500 Tahun

Koin Emas Bizantium Ditemukan di Lantai Rumah, Ditaksir Berusia 1.500 Tahun

Teknologi | sindonews | Sabtu, 7 September 2024 - 21:05
share

Harta karun dari kekaisaran Bizantium berupa lima koin emas berhasil ditemukan selama penggalian di situs bekas tempat tinggal di kawasan Debnevo, Bulgaria. Koin-koin ini bergambar wajah kaisar Justinian.

Bagian depan koin menggambarkan kaisar Justinian mengenakan mutiara, sementara bagian belakang menggambarkan personifikasi kemenangan memegang karangan bunga di tangan kanan dan salib serta bola dunia di tangan kirinya.

Prasasti di bagian depan koin emas berbunyi "Tuhan kita Justinian Augustus Abadi" merujuk kepada kaisar Roma pertama, yang namanya kemudian digunakan untuk merujuk kepada semua kaisar, sementara bagian belakang berbunyi "Kemenangan para Augustus."

"Tempat tinggal itu dibangun di atas reruntuhan bangunan awal Bizantium. Oleh karena itu, kami berasumsi bahwa koin-koin tersebut ditemukan selama pembangunan tempat tinggal awal abad pertengahan. Hipotesis kerja kami adalah pemiliknya menyimpan koin-koin tersebut karena nilai emasnya," kata pemimpin ekspedisi penggalian Stiliyan Ivanov.

Live Science melansir, Sabtu (7/9/2024) koin emas ini diperkirakan berusia 1.500 tahun dan berasal dari masa pemerintahan Kaisar Justinian yang berkuasa dari 527 hingga 565 M.

Penggalian di Debnevo telah berlangsung sejak tahun 2019. Para arkeolog sejauh ini telah menemukan sisa-sisa permukiman besar abad ke-4 hingga ke-3 SM, serta bukti hunian dari abad ke-4 hingga ke-6 M, ketika daerah tersebut merupakan bagian dari Kekaisaran Bizantium.

Selain koin emas, selama penggalian di bekas rumah tersebut tim juga menemukan dua sabit dan dua kapak, gesper sabuk, bejana keramik, dan tiga cincin perunggu. Kelima koin tersebut adalah dari jenis yang sama, yaitu tremissis, koin emas kecil bernilai sepertiga dari solidus.

Topik Menarik