Ilmuwan Kebingungan dengan Fenomena Lubang Hitam Berdenyut Seperti Detak Jantung

Ilmuwan Kebingungan dengan Fenomena Lubang Hitam Berdenyut Seperti Detak Jantung

Teknologi | sindonews | Rabu, 4 September 2024 - 07:52
share

Para astronom menemukan bahwa beberapa lubang hitam berdenyut, seperti detak jantung. Tapi, tidak benar-benar hitup. Lantas, apa alasannya? Sebuah tim astronom di Laboratorium Kunci Astrofisika Partikel di Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok di Beijing telah mempelajari suar detak jantung terbaru dan menjelaskan proses yang mungkin memicunya dalam sebuah makalah yang diterbitkan di basis data pracetak arXiv. Mereka telah mengirimkan karya mereka untuk dipublikasikan di The Astrophysical Journal.

Suar yang mereka pelajari berasal dari IGR J17091-3624, sebuah lubang hitam yang terletak 28.000 tahun cahaya dari Bumi. Dengan menggunakan data sinar-X yang diambil dengan Neutron Star Interior Composition Explorer (NICER) dan Nuclear Spectroscopic Telescope Array (NuSTAR) pada 2022, tim tersebut menemukan bukti jelas adanya sinyal seperti detak jantung dalam suar tersebut. Dengan mempelajari sifat-sifat detail dari detak jantung tersebut, mereka menyimpulkan bahwa jenis denyut ini disebabkan oleh interaksi dan ketidakstabilan di dalam materi yang mengelilingi lubang hitam.

Lubang Hitam 'Berdenyut' Saat Melahap Gas

Sebuah studi baru telah mengungkapkan bagaimana beberapa lubang hitam memancarkan denyut sinar-X yang berirama, seperti detak jantung, saat mereka melahap gas dari bintang pendampingnya. Para astronom menyebut fenomena ini sebagai "suar detak jantung". Sejauh ini ada dua lubang hitam yang berdenyut.

Mengapa Lubang Hitam Berdenyut?

Para peneliti percaya bahwa denyut ini disebabkan oleh interaksi dan ketidakstabilan dalam materi yang mengelilingi lubang hitam. Saat materi jatuh ke dalam lubang hitam, ia membentuk cakram tipis yang berputar cepat. Tepi bagian dalam cakram ini miring ke bawah menuju horizon peristiwa lubang hitam, sementara sisa cakram bersinar dalam radiasi sinar-X.

Proses Pembentukan 'Detak Jantung'

Untuk memicu detak jantung, cakram untuk sementara terfragmentasi, kehilangan kohesinya dan mengirim gumpalan besar material ke bawah menuju lubang hitam. Ini melepaskan sejumlah besar radiasi, yang memulai denyut detak jantung. Radiasi kemudian memanaskan gas, yang untuk sementara mencegahnya jatuh. Kemudian gas mengendap sebelum proses berulang, menyiapkan panggung untuk detak jantung lainnya.

Baca Juga: Selidiki Lubang Hitam di Antariksa, India Luncurkan Roket dengan Sinar X

Pentingnya Penemuan Ini

Sinyal detak jantung ini sangat jarang - hanya dua lubang hitam di antara ratusan yang diketahui telah menunjukkannya - tetapi para peneliti berharap untuk mempelajari lebih lanjut, karena mereka memberikan wawasan berharga tentang hubungan antara lubang hitam dan lingkungan mereka.

"Lubang hitam tidak hidup, tetapi ternyata mereka dapat memiliki detak jantung - jika mereka mengonsumsi gas dalam jumlah besar. Dan penelitian baru telah menemukan bagaimana detak jantungitubekerja."

Topik Menarik